Cara, Syarat dan Biaya Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja

Image: canva.com

Cara, Syarat dan Biaya Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja

Dikarenakan pemerintah sudah mencanangkan program Wajar, maka jangan gelisah jika setelah lulus belum mendapatkan kerja. Segera datangi kantor Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) di daerah masing-masing untuk melaporkan bahwa Kamu sudah lulus sekolah dan sedang mencari kerja. Selain itu juga untuk melakukan proses pembuatan Kartu Kuning pencari kerja.

Wajar (Wajib Belajar) 12 tahun sudah dicanangkan oleh pemerintah. Semua warga negara harus mematuhinya. Sesudah melakukannya dan mendapatkan ijazah, maka tahap selanjutnya adalah mencari pekerjaan.

Banyak orang yang membicarakan tentang Kartu Kuning ini. Apalagi bagi mereka yang ingin mencari kerja dan atau mendaftar CPNS. Walaupun bernama Kartu Kuning, namun sebenarnya Kartu Kuning ini berupa lembaran syarat berwarna putih yang berisi data Kamu, nomer kartu identitas, dan legalisasi dari Disnaker. Kamu bisa langsung datang ke Disnaker.

Kartu Kuning ini disebut dengan surat AK-1 atau surat Antar Kerja 1. Fungsi Kartu Kuning ini secara umum adalah untuk salah satu dokumen untuk memenuhi persyaratan dalam surat lamaran kerja di kantor atau perusahaan swasta, untuk memenuhi persyaratan sebagai pegawai negeri, dan sebagai media pelaporan kepada Disnaker bahwa Kamu sedang dalam pencarian pekerjaan sehingga Kamu akan dibantu Disnaker untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Kuning Di Luar Domisili

Syarat-syarat Yang Harus Dipenuhi Sebelum Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja Dimulai

Sama seperti pembuatan SKCK, KTP, KK, dan atau dokumen-dokumen penting lainnya, bahwa pembuatan Kartu Kuning ini juga harus dilakukan dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan ini harus dipenuhi agar proses pembuatan Kartu Kuning berjalan lancar.

Berikut ada 5 syarat yang wajib dipenuhi oleh para calon pembuat Kartu Kuning. Syarat-syarat ini harus dibawa ketika Kamu mendatangi kantor Disnaker.

  1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebanyak satu lembar
  2. Fotokopi identitas diri, bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bisa juga Surat Ijin Mengemudi (SIM) satu lembar
  3. Fotokopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
  4. Fotokopi Akta Kelahiran sebanyak satu lembar
  5. Pas foto ukuran 4×3 berwarna sebanyak 2 lembar
Baca Juga:  Cara Dan Syarat Perpanjang Kartu Kuning Yang Diperlukan

Kelima syarat tersebut wajib dibawa. Jangan sampai ada yang ketinggalan agar proses pembuatan Kartu Kuning pencari kerja menjadi lancar. Mengingat pentingnya memiliki Kartu Kuning ini, maka persyaratannya harus benar-benar dipenuhi. Agar tidak lupa, masukkan kelima persyaratan tersebut dalam satu stopmap agar tidak lupa.

Tata Cara Pengajuan Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja Ke Kantor Disnaker

Kantor Disnaker memang termasuk kantor yang sangat asing bagi Kamu. Tidak banyak orang yang mengunjunginya, sebelum Kamu benar-benar butuh, barulah Kamu mengunjunginya. Maka dari itulah bagi Kamu yang masih baru lulus sekolah atau belum berpengalaman membuat Kartu Kuning akan kebingungan saat datang ke Disnaker.

Agar proses pembuatan Kartu Kuning pencari kerja lancar maka berikut dijabarkan tentang tata caranya :

  1. Datangi kantor Disnaker setempat
  2. Langsung saja menuju ke bagian pembuatan AK1. Jika ragu, bisa tanya ke petugas.
  3. Isi buku tamu yang tersedia
  4. Serahkan kelima persyaratan yang sudah Kamu bawa. Tidak perlu tanya lagi, karena Kamu sudah langsung menuju ke petugas yang melayani pembuatan AK-1
  5. Persyaratan Kamu akan dicek kelengkapannya. Jika sudah dinyatakan lengkap, maka 10 menit kemudian Kartu Kuning Kamu sudah tercetak.
  6. Proses legalisasi Kartu Kuning dilakukan di tempat yang berbeda, yakni dengan memperbanyak Kartu Kuning dahulu baru diserahkan ke tempat legalisir. Perbanyak sesuai kebutuhan.
  7. Selesai.
Baca Juga:  Apa Itu Kartu Kuning Pencari kerja? Kartu Kuning Adalah . . .

Cara membuat Kartu Kuning sangatlah mudah. Kalau tidak antri, akan lebih cepat lagi. Untuk menghindari antrian panjang, Kamu bisa melakukan proses pendaftaran Kartu Kuning secara online di website resmi Disnaker. Jadi saat berkunjung ke Disnaker, Kamu tinggal mengambil Kartu Kuning saja.

Biaya Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja

Enggannya masyarakat untuk berhubungan dengan disnaker dalam pembuatan Kartu Kuning adalah karena ketidakpahaman prosesnya. Selain itu juga takut biayanya mahal.

Padahal dalam proses pembuatan Kartu ini pencari kerja, Kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Ini adalah program pemerintah, jadi proses pembuatannya gratis. Segera miliki Kartu Kuning untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari kerja.