Cara Membuat Kartu Kuning Di Luar Domisili

Image: canva.com

Cara Membuat Kartu Kuning Di Luar Domisili

Kartu kuning merupakan sebuah surat atau kartu yang digunakan bagi Kamu yang sedang mencari pekerjaan atau berstatus sebagai pencari kerja. Kartu ini biasanya menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki dan dilampirkan ketika Kamu akan melamar ke suatu perusahaan atau instansi pemerintahan. Namun bagaimana jika Kamu harus membuat kartu kuning ini sementara Kamu sedang berada di luar kota atau luar negeri dan berada jauh dari domisili Kamu? Berikut cara membuat kartu kuning di luar domisili yang perlu Kamu ketahui.

1. Mempersiapkan Semua Dokumen

Baik Kamu mengurus kartu kuning sesuai domisili atau di luar domisili, Kamu tetap harus menyiapkan dokumen-dokumen yang sama. Dokumen yang dibutuhkan untuk membuat kartu kuning ini diantaranya adalah fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah pendidikan terakhir, pas foto ukuran 3X4 sebanyak dua lembar.

Baca Juga:  Cara, Syarat dan Biaya Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja

Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus menyiapkan fotokopi sertifikat pengalaman kerja (bagi yang sudah pernah bekerja), dan fotokopi sertifikat atau penghargaan lain sebagai data pelengkap. Selain persyaratan tadi, Kamu yang berada di luar domisili juga harus membawa persyaratan tambahan lain berupa surat pengantar dari RT dan RW setempat.

2. Datang Ke Disnakertrans Terdekat

Cara membuat kartu kuning di luar domisili selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan terdekat yang ada di daerah tempat tinggal Kamu dan membawa semua persyaratan yang sudah Kamu siapkan.

Saat datang ke kantor, pastikan Kamu berpenampilan formal dan rapi. Setelah sampai di kantor Disnakertrans, selanjutnya Kamu harus mengisi buku tamu dan mengambil nomor antri. Setelah itu Kamu tinggal menunggu nomor antrian Kamu dipanggil.

Baca Juga:  Cara Dan Syarat Perpanjang Kartu Kuning Yang Diperlukan

3. Proses Wawancara

Setelah nomor antrian Kamu dipanggil, selanjutnya Kamu akan masuk ke sebuah ruangan. Disini Kamu akan melakukan proses wawancara. Petugas Disnakertrans akan mewawancarai Kamu untuk mengetahui minat, bakat, dan keterampilan yang Kamu miliki.

4. Menunggu Kartu Dicetak

Setelah proses wawancara selesai, Kamu hanya perlu menunggu sebentar. Selanjutnya Kamu akan mendapatkan kartu kuning dalam beberapa saat. Setelah mendapat kartu kuning tersebut, Kamu hanya perlu membuat fotokopi kartu kuning tersebut dan meminta legalisir dari petugas. Biasanya, proses pencetakan kartu kuning ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Itulah langkah-langkah atau cara membuat kartu kuning di luar domisili sebagai referensi bagi Kamu yang ingin membuat kartu kuning namun sedang berada di kota atau daerah yang jauh dari domisili asli Kamu.

Baca Juga:  Apa Itu Kartu Kuning Pencari kerja? Kartu Kuning Adalah . . .

Perlu Kamu ketahui juga bahwa kartu kuning juga memiliki manfaat dan keuntungan lain bagi para pencari kerja. Kartu kuning berguna untuk mendata para calon tenaga kerja yang ada di daerah tersebut sehingga nantinya bisa disalurkan ke berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Selanjutnya, seperti ulasan di atas, untuk membuat kartu kuning ini, Kamu bisa mendatangi Dinas Ketenagakerjaan di daerah Kamu.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.