Kartu Kuning Adalah

Image: canva.com

Apa Itu Kartu Kuning Pencari kerja? Kartu Kuning Adalah . . .

Setelah Kamu menyelesaikan pendidikan, maka selanjutnya Kamu akan mulai mencari kerja di berbagai perusahaan dan bersaing dengan para pencari kerja yang lain. Dalam proses melamar pekerjaan, ada beberapa persyaratan yang perlu Kamu miliki, salah satunya adalah kartu kuning pencari kerja. Kartu kuning adalah kartu yang dikeluarkan oleh Dinas tenaga Kerja untuk orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kartu kuning pencari kerja.

1. Sejarah Kartu Kuning

Kartu pencari kerja ini disebut kartu kuning karena dulunya kartu ini merupakan sebuah formulir yang dicetak di atas sebuah kertas yang berwarna kuning. Meskipun saat ini pencetakan kartu ini tidak lagi menggunakan kertas berwarna kuning dan sudah menggunakan kertas putih biasa, namun penamaan ini tetap digunakan hingga saat ini,

Baca Juga:  Cara, Syarat dan Biaya Proses Pembuatan Kartu Kuning Pencari Kerja

2. Fungsi Kartu Kuning

Fungsi utama dari kartu kuning adalah agar Dinas Tenaga Kerja setempat bisa mendata dan mengetahui berapa jumlah pencari kerja di daerah tersebut. Data ini akan digunakan oleh Disnaker untuk disalurkan ke berbagai perusahaan yang sedang mencari karyawan atau pegawai.

Bagi para pencari kerja, kartu ini berfungsi sebagai salah satu persyaratan yang harus dimiliki ketika Kamu hendak melamar ke dinas pemerintah, mengikuti tes calon pegawai negeri, atau juga untuk melamar ke perusahaan swasta.

3. Cara Membuat Kartu Kuning

Untuk membuat kartu kuning pencari kerja ini, Kamu perlu mengikuti beberapa prosedur yang tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja yang ada di daerahmu dengan membawa beberapa persyaratan seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, pas foto, fotokopi ijazah pendidikan terakhir, dan sertifikat pelatihan kerja yang Kamu miliki.

Baca Juga:  Cara Dan Syarat Perpanjang Kartu Kuning Yang Diperlukan

Setelah mendaftar dan menyerahkan berkas, Kamu hanya perlu menunggu sekitar lima sampai sepuluh menit untuk proses pencetakan kartu. Setelah kartu dicetak, Kamu akan diarahkan menuju bagian legalisasi untuk melegalisasi kartu tersebut. Setelah itu proses pembuatan kartu sudah selesai dan bisa Kamu gunakan.

Sebaiknya Kamu juga langsung membuat foto kopi dari kartu tersebut agar bisa Kamu gunakan untuk melamar ke beberapa perusahaan. Saat ini proses pembuatan kartu kuning juga bisa dilakukan secara online sehingga bisa lebih memudahkan bagi Kamu yang tidak bisa datang atau mengantri langsung ke kantor Disnaker.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai sejarah, fungsi, serta cara pembuatan kartu pencari kerja. Bagi Kamu yang sedang dalam proses mencari pekerjaan, kartu kuning adalah salah satu persyaratan yang harus Kamu miliki karena banyak perusahaan meminta para pelamarnya untuk melampirkan kartu tersebut dalam surat lamarannya.

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Kuning Di Luar Domisili

Selain itu, kartu kuning juga bisa menguntungkan Kamu karena data diri Kamu akan tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan mereka bisa menyalurkan Kamu jika suatu saat ada perusahaan yang mencari karyawan dengan kriteria seperti Kamu.

Semoga ulasannya bermanfaat ya!