Kelengkapan dan Syarat Melamar Kerja

Image: canva.com

Apa Saja Kelengkapan dan Syarat Melamar Kerja Yang Umum Dipakai?

Sekolah bisa dibilang menjadi salah satu ajang untuk mencari pekerjaan yang layak, jadi bukan hanya untuk memperoleh ijazah saja. Maka dari itulah wajib belajar terus digalakkan. Bahkan sudah terbukti bahwa pendidikan yang layak akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Apalagi jika diimbangi dengan kelengkapan dan syarat melamar kerja yang tepat, maka setelah lulus sekolah, Kamu akan segera mendapatkan pekerjaan yang Kamu inginkan.

Jika sudah lulus sekolah namun belum mendapatkan kerja, maka sudah pasti Kamu akan kebingungan. Akan ada rasa gelisah bercampur dengan malu dengan rekan, keluarga, dan orang-orang sekitar. Bahkan bisa membuat Kamu menjadi depresi. Maka dari itulah, Kamu harus semangat dalam melamar pekerjaan.

Baca Juga:  Persyaratan Melamar Kerja Di Bank Yang Umum Diperlukan

Melamar kerja merupakan proses yang harus Kamu lalui sebelum Kamu bisa diterima di perusahaan tersebut. Namun, terkadang proses melamar kerja ini bisa menjadi cukup menyulitkan mengingat banyaknya pesaing Kamu dalam memperebutkan satu posisi di satu perusahaan.

Agar lamaran Kamu bisa dilirik oleh bagian HRD dan Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk pekerjaan tersebut, ada banyak hal yang perlu Kamu persiapkan. Selain melatih kemampuan diri agar memiliki skill yang dibutuhkan oleh posisi tersebut, sebelum memulai untuk melamar pekerjaan, maka Kamu harus melengkapi beberapa kelengkapan dan syarat melamar kerja seperti berikut.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Lengkap

1. Surat Lamaran Kerja

Syarat yang wajib dipenuhi sebagai senjata utama para pelamar kerja tentunya surat lamaran kerja yang ditujukan kepada perusahaan yang dimaksud. Biasanya ditulis dengan tulisan tangan. Tips menulisnya adalah harus jelas atau to the point. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau bertele-tele. Cukup satu lembar saja, tidak sampai berlembar-lembar. Sampaikan secara rinci identitas diri Kamu serta posisi yang akan Kamu lamar di perusahaan tersebut.

2. Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

Kelengkapan ini adalah pasangan dari surat lamaran kerja yang telah Kamu tulis. Disendirikan di lembar tersendiri atau jika ditulis dengan tulisan tangan, maka bisa satu tempat dengan surat lamaran. Dimana biasanya menggunakan kertas folio bergaris yang sekali pakai terdiri dari dua lembar. Namun saat ini sudah banyak juga para pelamar kerja yang membuat curriculum vitae mereka dengan lebih kreatif dan menggunakan desain-desain yang menarik.

Baca Juga:  Syarat Melamar Pekerjaan Di Pabrik Yang Umum Diperlukan

3. Foto Kopi Ijazah

Tergantung permintaan, bisa fotokopi ijazah terakhir saja atau fotokopi ijazah sejak jenjang SD. Fotokopi bisa cukup fotokopi saja atau dilegalisir sekalian. Fotokopi ijazah ini untuk membuktikan pada HRD bahwa Kamu memang benar-benar menempuh pendidikan seperti yang Kamu tulis di surat lamaran dan curriculum vitae.

4. Fotokopi Sertifikat Dan Piagam

Ini juga menjadi kelengkapan dan syarat melamar kerja yang sangat direkomendasikan untuk dilengkapi. Fotokopi sertifikat ini sebagai bukti keahlian Kamu, sedangkan fotokopi piagam ini menunjukkan akan prestasi yang pernah Kamu raih. Namun sebaiknya Kamu hanya mengirimkan fotokopi sertifikat dan piagam yang relevan dengan posisi yang Kamu lamar saja agar tidak membingungkan pihak HRD.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Lengkap

5. Fotokopi Identitas Diri

Kelengkapan dan syarat melamar kerja selanjutnya adalah fotokopi identitas diri, yakni berupa fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Sudah jelas dan sudah pasti harus disertakan, karena sudah menjadi persyaratan wajib. Tujuannya adalah sebagai bukti akan alamat yang tercantum dalam daftar riwayat hidup sudah sesuai dengan alamat di KTP.

6. SKCK

Yang dimaksud SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Selain itu SKCK juga dikenal dengan surat berkelakuan baik ini adalah salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Surat ini dijadikan sebagai bukti bahwa Kamu bebas dari catatan kejahatan kepolisian. Kekuatan dari surat ini sangatlah tinggi, sehingga harus disertakan.

Baca Juga:  Persyaratan Melamar Kerja Di Bank Yang Umum Diperlukan

7. Surat Keterangan Sehat Dari Dokter

Untuk memenuhi syarat wajib dari perusahaan yang membuka loker, yakni harus sehat jasmani dan rohani, maka dalam surat lamaran Kamu ini, Kamu harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Surat ini wajib dilampirkan bahwa Kamu dalam keadaan sehat, tidak menderita penyakit yang mengganggu pekerjaan.

8. Pas Foto

Untuk menambah keakuratan dari surat lamaran yang Kamu ajukan, maka Kamu harus memberikan foto diri. Pas foto harus disertakan dengan berbagai alternatif ukuran, tergantung permintaan. Ada yang 3×4, 4×6, bahkan 4R atau close up atau seluruh badan.

Baca Juga:  Syarat Melamar Pekerjaan Di Pabrik Yang Umum Diperlukan

Usahakan juga Kamu mengenakan pakaian formal saat melakukan pas foto agar foto yang Kamu kirimkan bisa terkesan lebih resmi. Biasanya latar belakang yang digunakan untuk pas foto adalah merah atau biru sesuai dengan permintaan perusahaan.

9. Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan karya atau hasil kerja yang pernah Kamu kerjakan atau lakukan sebelumnya. Portofolio ini bisa bermacam-macam bentuknya tergantung dengan hasil karya atau hasil kerja di bidang Kamu.

Memberikan portofolio dapat membantu pihak HRD dan perusahaan untuk mengetahui sejauh mana pengalaman Kamu dalam posisi pekerjaan tersebut. Portofolio yang Kamu lampirkan ini sebaiknya juga hanya portofolio yang relevan dengan posisi pekerjaan yang akan Kamu lamar.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Lengkap

10. Transkrip Nilai

Selain fotokopi ijazah, Kamu juga sebaiknya melengkapi lamaran dengan memberikan fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Transkrip nilai yang Kamu berikan ini bisa menjadi acuan bagi para HRD dibidang manakah Kamu lebih memiliki kompetensi.

Itulah beberapa kelengkapan dan syarat melamar kerja. Kesemuanya itu harus disertakan dalam memenuhi kelengkapan dan syarat melamar kerja agar Kamu segera mendapatkan pekerjaan. Terkadang Kamu mengabaikan kelengkapan ini, yang penting sudah fotokopi KTP, ijazah, dan menyertakan surat lamaran kerja. Alhasil Kamu menjadi sulit untuk mendapat pekerjaan karena tidak lolos administrasi.