Tips Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Image: canva.com

10 Tips Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Setelah wisuda bukanlah akhir dari segalanya. Setelah wisuda menjadi awal kehidupan yang sebenarnya. Cepat dapat pekerjaan setelah lulus kuliah adalah tujuan yang utama.

Anak disekolahkan sejak dini adalah untuk mendapatkan ilmu. Hingga sampai pendidikan yang tinggi, maka mendapatkan pekerjaan adalah tujuan utamanya. Untuk itu memilih kuliah juga penting.

Kuliah dilakukan setelah lulus Sekolah Menengah Atas. Ditempuh selama 4 tahun dan ada juga yang 3 tahun. Yang membedakan adalah jurusan kuliah dan gelar yang akan didapatkan. Yang akan didapatkan saat lulus kuliah adalah nilai akhir yang disebut dengan IPK. Padahal nilai ini tidak menentukan langsung kerja. Yang terpenting adalah skill yang kita miliki.

Bahkan popularitas kampus pun tidaklah faktor utamanya. Kampus di daerah akan membuat lulusannya tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat, sedangkan kampus kota akan lebih cepat. Kulaih di universitas mana pun sama.

Yang dicari setelah kuliah bukan gelarnya, tetapi ilmu untuk cepat dapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Berikut adalah 10 tipsnya:

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kerja Kantoran Bagi Kamu Yang Masih Bingung

1. Bangun banyak relasi. Bisa dilakukan dengan mencari banyak teman, mengikuti kegiatan kemahasiswaan, melakukan banyak kegiatan masyarakat atau pengabdian masyarakat, dan atau sekolah sambil kerja. Hal ini penting sebagai bangunan jembatan saat nanti lulus kuliah agar cepat mendapatkan pekerjaan.

2. Manfaatkan kegiatan pengabdian masyarakat. Misalnya adalah mengikuti program KKN atau Kuliah Kerja Nyata dengan sebaik mungkin. Diberikan waktu selama 1 bulan lamanya untuk kita dalam melakukan KKN ini. Terlepas dari kegiatan kampus dan langsung terjun ke masyarakat. Selain KKN juga bisa didapat dari program PKL atau PPL atau pemagangan. Ini dilakukan sebagai pelatihan kerja. Mempelajari kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya. Menjadikan pengalaman awal untuk merasakan bekerja sesuai jurusan yang kita tempuh saat kuliah.

3. Aktif mengikuti job fair. Tidak perlu menunggu lulus kuliah. Selama masih bisa kerja sambil kuliah, kita bisa memanfaatkan kesempatan loker di job fair dengan baik. Tetapi kebanyakan hasil dari lamaran kerja di job fair akan diumumkan dalam kurun waktu tertentu. Tidak secara langsung. Siapa tahu akan mendapatkan jawabannya saat susah lulus kuliah.

Baca Juga :  Lanjut S2 Atau Kerja Dulu, Mana Yang Harus Kamu Lakukan?

4. Jangan menunda-nunda dalam mencari pekerjaan. Manfaatkan waktu luang yang ada. Jika mendapatkan pekerjaan yang berbeda dengan jurusan, yang terpenting bisa bekerja. Jangan mencari-cari yang harus sesuai dengan jurusan, karena akan membutuhkan waktu yang lama.

5. Bekerja sambil kuliah. Bahasa kerennya adalah freelance. Bisa sebagai penulis freelance, kerja shift, atau membuka usaha sendiri. Yang terpenting tidak mengganggu jam kuliah.

6. Aktif menjadi volunteer atau relawan. Bisa menggunakan kesempatan untuk mengikuti banyak komunitas. Pengalaman pun akan semakin bertambah. Tidak memikirkan uang, yang tepenting mencari banyak teman dan pengalaman.

7. Mengasah bakat atau skill yang dimiliki. Untuk cepat dapat pekerjaan setelah lulus kuliah, jangan hanya mengandalkan jurusan saja. Karena yang dibutuhkan di dunia kerja adalah skill atau keterampilan. Hasil kerja nyata dan bisa memberikan kontribusi besar untuk tempat kerja kita.

Baca Juga :  10 Tips Kuliah Sambil Kerja Bagi Kamu Yang Mau Menjalaninya

8. Coba semua kesempatan atau peluang kerja. Akan menambah banyak pengalaman juga. Bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan.

9. Jangan gengsi untuk banyak bertanya. Dengan banyak bertanya, berarti kita membuka tempat sharing. Banyak saran atau masukan yang akan kita dapatkan.

10. Selalu berdoa dan berusaha. Selalu berdoa disamping usaha kita mendapatkan perkerjaan setelah lulus kuliah. Hal ini penting dan dijadikan bumbu dalam keberhasilan mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Harapan untuk mendapatkan pekerjaan setelah kuliah akan terlaksana jika benar-benar serius kuliah. Selalu menerapkan apa yang didapat di bangku kuliah di kehidupan nyata. Mencari pengalaman nyata untuk cepat dapat pekerjaan setelah lulus kuliah.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *