Apa Itu Software Engineer

Image: canva.com

Apa Itu Software Engineer? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Software Engineer

Apakah Kamu tahu apa itu software engineer? Istilah ini merujuk pada profesi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dalam bahasa Indonesia, software engineer bisa diartikan sebagai perekayasa perangkat lunak atau teknisi perangkat lunak. Dari namanya, mungkin Kamu sudah bisa menebak lingkup kerja dari profesi ini.

Untuk Kamu yang ingin mengenali profesi ini lebih lanjut, berikut ini adalah 10 penjelasan mengenai apa itu software engineer.

1. Tugas Dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab software engineer adalah melakukan analisa kebutuhan dan permasalah klien kemudian menyusun sistem yang dibutuhkan. Kamu juga bisa merekomendasikan sistem terbaik untuk digunakan klien demi menjawab permasalahan yang muncul.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Software Engineer Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

2. Jurusan Terkait

Jurusan yang linier dengan profesi software engineer di antaranya adalah ilmu komputer, matematika, sistem informasi, dan teknik informatika.

3. Gaji

Kamu sudah tahu apa itu software engineer. Kamu juga perlu gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini. Secara umum, rentang gaji software engineer adalah Rp3.500.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan. Kamu bisa mendapatkan gaji hingga Rp23.000.000 per bulan di perusahaan tertentu.

4. Skill Yang Dibutuhkan

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi software engineer diantaranya adalah penguasaan bahasa pemrograman, coding, software testing, artificial intelligence hingga penguasaan soft skills seperti orientasi pada detail, teliti, dan berpikir logis.

Baca Juga:  10 Pekerjaan Software Engineer Yang Perlu Kamu Pahami

5. Jenjang Karir

Jenjang karir dari profesi ini dimulai dengan menjadi junior software engineer, kemudian menjadi software engineer, lalu senior software engineer, dan principal software engineer.

6. Prospek Masa Depan

Software engineer menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan di masa depan. Saat ini, kebutuhan akan profesi ini sudah meningkat hingga 500%. Seiring dengan perkembangan dunia digital, profesi ini masih terus dibutuhkan.

7. Tempat Bekerja

Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan yang sedang memasuki dunia digital, mulai dari institusi pemerintah, startup, BUMN, hingga marketplace.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Software Engineer Yang Bisa Kamu Coba

8. Bedanya Dengan Programmer

Dari pengertian apa itu software engineer, Kamu mungkin akan menyamakan profesi ini dengan profesi programmer. Programmer bertugas membuat program komputer. Sedangkan tugas software engineer mulai dari merancang, mengimplementasi, menganalisis, mengembangkan hingga melakukan uji coba perangkat lunak.

9. Bedanya Dengan System Analyst

Software engineer juga berbeda dengan system analyst. Bedanya, sistem analyst bertugas melakukan analisa kebutuhan klien. Tugasnya adalah menganalisis, tidak sampai ke tahap pengembangan program.

10. Pekerjaan Paling Dibutuhkan Dan Dicari

Kamu juga harus tahu bahwa profesi software engineer merupakan salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan dicari pada tahun 2018.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Software Engineer Sebagai Pilihan Karir

Nah, itulah 10 penjelasan mengenai apa itu software engineer. Sekarang, Kamu sudah mengenal lebih jauh mengenai profesi ini. Apakah Kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai karir masa depan? Persiapkan dirimu untuk bersaing dengan calon-calon teknisi perangkat lunak lainnya.