Pekerjaan Software Engineer

Image: canva.com

10 Pekerjaan Software Engineer Yang Perlu Kamu Pahami

Meskipun Kamu sudah tidak asing lagi dengan profesi software engineer, profesi ini termasuk profesi yang baru muncul sebagai akibat dari perkembangan dunia digital. Software engineer juga menjadi salah satu profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, baik yang bergerak di bidang IT ataupun yang bukan. Namun tahukah Kamu, apa sebenarnya tugas dan pekerjaan software engineer itu?

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, software engineer bisa diartikan sebagai teknisi atau perekayasa perangkat lunak. Dari namanya, mungkin Kamu bisa menebak tugas software engineer. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah 10 pekerjaan software engineer yang perlu Kamu pahami.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Software Engineer Yang Bisa Kamu Coba

1. Melakukan Analisa Kebutuhan Perusahaan

Tugas software engineer hampir sama dengan system analyst, yaitu melakukan analisa dan riset terkait kebutuhan perusahaan, terutama di bidang IT. Kamu bertugas mencari tahu kebutuhan perusahaan dan menjawab persoalan yang ada.

2. Menyusun Metodologi

Setelah mengetahui kebutuhan dan juga permasalahan, Kamu akan menyusun metodologi software engineer yang cocok untuk mengatasi hal tersebut.

3. Merekomendasikan Metode Yang Cocok

Jika Kamu sudah selesai menyusun metodologi yang cocok, Kamu akan merekomendasikan metode tersebut kepada perusahaan. Rekomendasi dari Kamu bisa diterima, bisa juga ditolak.

Baca Juga:  Apa Itu Software Engineer? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Software Engineer

4. Mengembangkan Software

Pekerjaan software engineer lainnya adalah mengembangkan software. Tugas teknisi perangkat lunak tidak sebatas melakukan analisa masalah dan memberikan rekomendasi, namun juga melakukan action dengan mengembangkan software agar sesuai dengan perkembangan dunia digital.

5. Menciptakan Software

Jika belum ada software yang bisa dikembangkan lebih baik, berarti tugas Kamu adalah menciptakan software. Kamu akan menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia.

6. Memodifikasi Software

Kamu juga bisa memodifikasi software yang sudah ada. Modifikasi ini bertujuan membuat software yang lebih baik daripada sebelumnya, baik dari segi tampilan maupun user experience.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Software Engineer Sebagai Pilihan Karir

7. Berkolaborasi Untuk Membuat Sistem

Software engineer tidak bisa melakukan tugasnya sendiri. Kamu perlu berkolaborasi dengan bidang IT lainnya, seperti programmer dan software developer, untuk membuat sistem dan software yang dibutuhkan.

8. Menguji Coba Software

Setelah sistem atau aplikasi berhasil diciptakan, pekerjaan software engineer selanjutnya adalah menguji coba hasil kerjaan. Kamu perlu memastikan software tersebut bisa berjalan dengan baik.

9. Memelihara Sistem Dan Memperbaiki Kerusakan

Tugas software engineer tidak berhenti sampai pada tahap uji coba. Pemeliharaan dan perbaikan sistem juga menjadi tanggung jawab seorang software engineer. Jika software error atau ada masalah, Kamulah yang akan memperbaikinya.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Software Engineer Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

10. Menjalin Komunikasi Dengan Berbagai Pihak

Keberhasilan kerja seorang software engineer tidak akan terjadi tanpa adanya komunikasi yang efektif. Karena itulah, software engineer perlu menjalin komunikasi yang baik kepada timnya dan terutama kepada pihak perusahaan.

Nah, itulah 10 tugas dan pekerjaan software engineer yang perlu Kamu ketahui. Dari sini, Kamu tahu bahwa tugas software engineer tidak sekedar membuat software, namun lebih dari itu.