Alasan Memilih Menjadi Software Engineer

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Software Engineer Sebagai Pilihan Karir

Pernahkah Kamu terpikir untuk berkarir sebagai seorang software engineer? Profesi ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga, terutama untuk Kamu yang menggeluti dunia digital. Software engineer menjadi salah satu profesi di bidang IT yang menjanjikan. Kamu yang tertarik membuat aplikasi atau software tentu sudah punya alasan memilih menjadi software engineer.

Untuk Kamu yang masih bingung dengan profesi ini, tidak menemukan alasan untuk menjadikannya sebagai pilihan karir di masa depan, berikut ini adalah 10 alasan memilih menjadi software engineer :

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Software Engineer Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

1. Gaji Yang Tinggi

Yang pertama berkaitan dengan gaji bulanan yang akan Kamu dapatkan. Tahukah Kamu, software engineer menjadi salah satu profesi dengan gaji yang tinggi. Rata-rata software engineer di Indonesia mendapatkan gaji Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan.

2. Prospek Karir Yang Menjanjikan

Prospek karir software engineer sangat menjanjikan. Seiring perkembangan di bidang teknologi informasi, selama itu pula profesi ini akan tetap dibutuhkan.

3. Bekerja Di Perusahaan Keren

Yang ketiga, Kamu bisa bekerja di perusahaan yang keren, terutama perusahaan yang bergerak di bidang IT. Lowongan terbesar ada di perusahaan start up. Kamu bisa berkarir di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Software Engineer Yang Bisa Kamu Coba

4. Berasal Dari Jurusan IT

Latar belakang pendidikan yang linier bisa Kamu jadikan alasan memilih menjadi software engineer. Jurusan yang linier dengan profesi software engineer di antaranya adalah ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, dan matematika.

5. Memiliki Passion Di Bidang IT

Bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki adalah sebuah anugerah. Kalau Kamu memiliki passion di bidang IT, seharusnya Kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk berkarir sebagai software engineer.

6. Memiliki Jenjang Karir

Yang keenam, profesi software engineer memiliki jenjang karir yang jelas. Dimulai dari associate software engineer, kemudian menjadi software engineer, dan yang paling tinggi adalah senior atau principal software engineer.

Baca Juga:  Apa Itu Software Engineer? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Software Engineer

7. Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Yang ketujuh, profesi ini banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak hanya perusahaan start up, perusahaan-perusahaan yang mulai merambah ke digital juga membutuhkan seseorang dengan keahlian ini di perusahaannya.

8. Ingin Berkontribusi Pada Perkembangan IT

Alasan memilih menjadi software engineer berikutnya adalah karena Kamu ingin berkontribusi pada perkembangan IT. Bidang IT masih terus mengalami perkembangan dan Kamu bisa menjadi salah satu orang yang berkontribusi secara langsung pada proses perkembangan ini.

9. Membantu Banyak Orang

Alasan lainnya adalah karena Kamu bisa membantu banyak orang. Kamu bisa menciptakan aplikasi yang membantu kehidupan manusia dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Baca Juga:  10 Pekerjaan Software Engineer Yang Perlu Kamu Pahami

10. Jam Kerja Fleksibel

Yang terakhir, karena jam kerjanya fleksibel. Hal ini berlaku terutama di perusahaan rintisan atau start up. Kamu tidak harus masuk kerja pukul 8 pagi selama Kamu bertanggung jawab atas pekerjaan Kamu.

Nah, itulah 10 alasan memilih menjadi software engineer sebagai pilihan karir di masa depan. Sebagai profesi dengan prospek yang menjanjikan, Kamu perlu mempertimbangkan untuk menjadikan ini sebagai pilihan karir.