Cara Menjadi Software Engineer

Image: canva.com

10 Cara Menjadi Software Engineer Yang Bisa Kamu Coba

Tidak ada jalan instan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan elit yang sesuai passion. Kamu perlu mengasah kemampuan sebaik mungkin dengan pendidikan formal, kursus, latihan, dan lain-lain. Persaingan yang semakin ketat bisa menjadi alasan Kamu untuk terus belajar dan memahami tren pasar. Kalau Kamu tertarik dengan rekayasa perangkat lunak, ketahui cara menjadi software engineer independen atau profesionl perusahaan berikut, yuk!

Kalau Kamu sudah tahu apa yang menjadi ketertarikan selama ini, pemilihan jurusan kuliah sangat berpengaruh dalam jenjang karir kelak. Kamu yang mengambil peminatan IPA di SMA, bisa langsung mengambil jurusan rekayasa atau teknologi di rumpun SAINTEK. Inilah tahapan atau cara menjadi software engineer sejak awal yang bisa Kamu praktikkan yaitu :

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Software Engineer Atau Pendapatan Didapat 1 Bulan

1. Menyelesaikan Pendidikan Formal

Jurusan Ilmu Komputer sangat relevan untuk mendukung Kamu yang bermimpi menjadi software engineer masa depan.

2. Memilih Bahasa Pemrograman Yang Paling Dikuasai

Ada banyak pilihan bahasa pemrograman, namun pemula harus memilih salah satu bahasa pemrograman yang paling dikuasai.

3. Terus Berlatih

Teori tidak akan bisa terwujud dengan optimal tanpa praktik berkesinambungan, bukan? Terus latih diri Kamu dalam memecahkan suatu masalah, membaca kode dan lain-lain.

4. Membaca Kode Orang Lain

Kamu harus belajar membaca kode yang diciptakan orang lain agar bisa memahami kerja sebuah sistem atau program tertentu.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Software Engineer Sebagai Pilihan Karir

5. Belajar Online Kapan Saja

Kamu wajib belajar online yang lebih praktis dan fleksibel di era modern ini. Selain itu, Kamu bisa mengikuti kursus software engineering offline atau online yang membutuhkan waktu bervariasi sekitar 8-12 minggu saja.

6. Bergabung Dengan Komunitas Software Engineer

Komunitas software engineer di internet bisa menjadi media untuk belajar ilmu pengembangan aplikasi dan software lebih baik lagi.

7. Mengikuti Program Magang

Cara menjadi software engineer yang profesional adalah mengikuti program magang. Ada banyak perusahaan yang menawarkan program mencetak tenaga ahli ini. Siapa tahu Kamu bisa mendapatkan pengalaman dan kesempatan direkrut sebagai pekerja tetap oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Apa Itu Software Engineer? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Software Engineer

8. Mengikuti Program Spesialisasi

Tak boleh puas dengan gelar diploma atau sarjana saja, Kamu harus terus mengasah kemampuan software engineering dengan mengikuti program spesialisasi. Semakin banyak sertifikasi dengan nilai yang memuaskan, maka semakin besar peluang Kamu bisa bekerja sebagai software engineeryang profesional. Mendapatkan sertifikasi profesional bukan hal yang mudah, lho!

9. Mencoba Peluang Bekerja Entry Level

Masukkan portofolio Kamu ke perusahaan yang membuka lowongan entry level software engineer. Terjun langsung ke lapangan akan memberikan pengalaman dan wawasan buat Kamu bagaimana cara memecahkan masalah dan bekerja sama dengan tim.

Baca Juga:  10 Pekerjaan Software Engineer Yang Perlu Kamu Pahami

10. Terus Melakukan Inovasi

Inovasi bisa mendorong perubahan sehingga Kamu perlu mengikuti tren yang terjadi. Lakukan inovasi dengan menghadiri konferensi agar bisa sharing atau bertukar ide dan pengalaman dengan engineer lain.

Gaji software engineer bervariasi mulai jutaan hingga puluhan juta per bulan tergantung kinerja dan perusahaan yang menaungi. Jangan lewatkan kesempatan menjadi seorang software engineer yang kredibel. Ikuti 10 cara menjadi software engineer agar Kamu bisa meraih kesuksesan setelah lulus kuliah nanti.