Peluang Kerja Teknik Informatika

Image: canva.com

10 Profesi Atau Peluang Kerja Teknik Informatika Jenjang S1 (Sarjana)

Lulusan teknik informatika bisa kerja apa? Kalau Kamu menguasai banyak keahlian di bidang IT, setelah lulus nanti Kamu tidak akan bingung mau kerja apa karena peluang kerja Teknik Informatika sangatlah banyak. Lulusan teknik informatika banyak dibutuhkan industri saat ini. Pun, gaji yang ditawarkan tidak main-main.

Berikut ini adalah 10 peluang kerja lulusan teknik informatika untuk jenjang sarjana yang perlu Kamu tahu.

1. Teknopreneur

Teknopreneur adalah seorang entrepreneur yang memanfaatkan teknologi sebagai basis usahanya. Kamu bisa membuat usaha yang sudah ada di masyarakat dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan teknologi, misalnya ojek online dan belanja online.

Baca Juga:  10 Profesi TI Yang Tidak Wajib Bisa Koding Mungkin Cocok Buat Kamu

2. UI/UX Desainer

Tugas seorang UI/UX Desainer adalah mendesain tampilan (interface) sebuah situs atau aplikasi dan memastikan tampilan tersebut mudah digunakan sehingga mampu meningkatkan kepuasan pengguna.

3. System Analyst

Pekerjaan ini berhubungan dengan tugas seorang analis, meliputi penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pemilihan sistem operasi yang tepat untuk kebutuhan sebuah industri.

4. Front End Developer

Peluang kerja Teknik Informatika yang berikutnya adalah front end developer. Tugasnya adalah merealisasikan rancangan desain yang telah dibuat oleh UI/UX Desainer dan memastikan desainnya berjalan dengan baik di semua perangkat, baik desktop maupun mobile.

Baca Juga:  10 Perbedaan D4 Dan S1 Teknik Informatika Yang Perlu Kamu Tau

5. Back End Developer

Secara umum, tugas seorang back end developer adalah membuat Content Management System dan memastikan keamanan data pada situs yang dibangunnya. Jika ada masalah atau bug pada server, ini menjadi kewajiban back end developer untuk menyelesaikannya.

6. Software Engineer

Profesi software engineer hampir mirip dengan system analyst, yaitu sama-sama merancang perangkat lunak yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Bedanya, terletak pada bidang yang harus dikuasai. Jika Kamu ingin menjadi seorang software engineer, Kamu perlu menguasai Software Development Life Cycle (SDLC).

Baca Juga:  10 Karakter Yang Sesuai Kuliah Teknik Informatika Perlu Kamu Tau

7. Network Engineer

Jika peluang kerja Teknik Informatika sebelumnya berhubungan dengan sistem dan perangkat lunak, profesi ini berfokus ke jaringan komputer atau telekomunikasi. Tugas utamanya adalah memastikan sebuah jaringan dapat digunakan,berfungsi baik,dan stabil.

8. Desainer Grafis

Sarjana teknik informatika juga bisa menjadi seorang desainer grafis. Kamu bisa memilih bekerja secara freelance atau karyawan tetap. Atau bisa juga membangun usaha kerajaan desain grafis sendiri.

9. SEO Specialist

Tugasnya adalah membuat sebuah halaman web bisa muncul di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu. Meskipun terdengar sepele, tugas ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena memang ada ilmunya.

Baca Juga:  Apakah Kuliah Teknik Informatika Harus Pintar Matematika? Berikut 10 Penjelasannya

10. Blogger

Tidak ada yang salah jika Kamu sebagai sarjana teknik informatika ingin berkarir menjadi blogger. Kamu bisa membuat tampilan blog Kamu menjadi lebih keren, menarik lebih banyak pengunjung, muncul di halaman pertama Google hingga akhirnya bisa Kamu monetize.

Nah, itulah 10 peluang kerja Teknik Informatika. Masing-masing profesi membutuhkan satu hingga beberapa keahlian khusus yang perlu dikuasai. Untuk itu, sebelum terjun ke dunia kerja, pastikan Kamu memiliki salah satu skill khusus yang dibutuhkan industri saat ini.