Perbedaan D4 Dan S1 Teknik Informatika

Image: canva.com

10 Perbedaan D4 Dan S1 Teknik Informatika Yang Perlu Kamu Tau

Jenjang D4 dan S1 Teknik Informatika sebenarnya hampir sama. Keduanya menghabiskan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikan perkuliahan. Jumlah SKS yang harus diselesaikan juga sama, yaitu 144 SKS. Namun tentu saja ada perbedaan D4 dan S1 Teknik Informatika secara mendasar. Untuk Kamu yang masih bingung, berikut ini adalah bedanya antara D4 dan S1 Teknik Informatika.

1. D4 Teknik Informatika Lebih Banyak Praktik

Sebagai pendidikan vokasi, jenjang D4 lebih banyak porsi praktiknya daripada teorinya. Teori hanya digunakan sebagai landasan namun tidak dikupas secara lebih mendalam.

Baca Juga:  Apa Yang Dipelajari Di Teknik Informatika? 10 Hal berikut gambarannya

2. S1 Teknik Informatika Lebih Banyak Teori

S1 sebagai jenjang akademik menekankan lebih banyak ke teori. Kamu akan lebih banyak belajar teori yang nantinya akan diimbangi dengan praktik.

3. D4 Teknik Informatika Porsinya 40 Persen Teori Dan 60 Persen Praktik

Perbedaan D4 dan S1 Teknik Informatika yang berikutnya adalah porsi antara teori dengan praktik. Pada jenjang D4, perbandingannya adalah 60% praktik dan sisanya teori.

4. S1 Teknik Informatika Porsinya 60 Persen Teori Dan 40 Persen Praktik

Sedangkan untuk jenjang S1 adalah kebalikannya. Porsi teori sebesar 60% dari seluruh waktu perkuliahan sedangkan praktik hanya sebesar 40%.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Lulusan D3 Teknik Informatika (Diploma)

5. D4 Teknik Informatika Gelarnya S.ST. (Sarjana Sains Terapan)

Seperti yang Kamu tahu, jenjang D4 adalah jenjang yang setara dengan S1. Gelar yang akan didapatkan oleh mahasiswa D4 Teknik Informatika bukan A.Md lagi, melainkan S.ST atau Sarjana Sains terapan.

6. S1 Teknik Informatika Gelarnya Bisa S.T. (Sarjana Teknik), S. Kom. (Sarjana Komputer), Atau S. Pd. (Sarjana Pendidikan)

Untuk mahasiswa S1 Teknik Informatika, gelar yang diberikan disesuaikan dengan kampusnya. Beberapa kampus memberikan gelar S.T, ada juga yang memberikan gelar S.Kom. Khusus untuk jurusan pendidikan teknik informatika, gelarnya adalah S.Pd.

Baca Juga:  10 Syarat Masuk Teknik Informatika Yang Perlu Kamu Perhatikan

7. D4 Teknik Informatika Terbatas Hanya Ada Di Politeknik Atau Sekolah Vokasi Di Universitas Jika Ada

Kampus D4 Teknik Informatika di Indonesia bisa dibilang sangat terbatas. Mayoritas berada di politeknik, baik negeri maupun swasta.

8. S1 Teknik Informatika Ada Di Banyak Universitas

Untuk jenjang S1 Teknik Informatika, kampus yang menyelenggarakannya cukup banyak. Ada universitas negeri dan swasta, ada juga institut yang menyelenggarakannya.

9. D4 Teknik Informatika Syarat Lulus Menyelesaikan Tugas Akhir

Perbedaan D4 dan S1 Teknik Informatika berikutnya adalah pada tugas akhirnya. Untuk bisa lulus dari jenjang D4, Kamu harus menyelesaikan praktikum sekaligus membuat laporannya dalam bentuk skripsi.

Baca Juga:  10 Kampus Dengan Jurusan S2 Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

10. S1 Teknik Informatika Syarat Lulus Menyelesaikan Skripsi

Mahasiswa S1 Teknik Informatika hanya mengenal skripsi. Meskipun tidak sedikit pula kampus yang mensyaratkan mahasiswanya lolos praktikum.

Nah, itulah 10 perbedaan D4 dan S1 Teknik Informatika. Semoga Kamu tidak bingung lagi setelah membaca informasi ini. Dan Kamu bisa memilih mau kuliah di D4 ata S1 di jurusan teknik infomatika.