Lama Masa Kuliah Teknik Informatika

Image: canva.com

Lama Masa Kuliah Teknik Informatika Normal (D3, D4, S1, S2, S3)

Katanya, mahasiswa teknik informatika banyak yang telat lulus atau melebihi lama masa kuliah teknik informatika secara normal. Ada yang mengatakan karena materinya yang sulit, ada juga yang karena tugas akhirnya yang tidak kunjung diselesaikan. Padahal, tepat atau tidaknya waktu kelulusan mahasiswa ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri. Pun banyak mahasiswa teknik informatika yang bisa lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

Jadi, berapa lama masa kuliah teknik informatika? Berikut ini informasi mengenai lama masa studi jurusan teknik informatika berdasarkan masing-masing jenjang.

Baca Juga:  10 Kampus Dengan Jurusan D3 Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

1. Diploma 3 (D3) 

Lama masa studi D3 Teknik Informatika normalnya adalah 3 tahun. Kamu sebagai mahasiswa perlu menyelesaikan mata kuliah sebanyak 112 SKS. Jika dalam jangka waktu 3 tahun Kamu tidak bisa menyelesaikan studi, Kamu masih bisa menyelesaikannya hingga semester 10 atau tahun ke-5 Kamu berkuliah.

2. Diploma 4 (D4)

Lama masa studi TI untuk jenjang Diploma 4 adalah selama 4 tahun. Selama waktu tersebut, Kamu perlu menyelesaikan mata kuliah 144 SKS. Jika belum selesai, Kamu masih punya waktu hingga semester 14 atau tahun ke-7 Kamu berkuliah.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

3. Strata 1 (S1)

Normalnya, lama masa studi S1 Teknik Informatika adalah selama 4 tahun. Ada 144 SKS yang perlu diselesaikan agar Kamu bisa lulus kuliah. Jika dalam kurun waktu 4 tahun Kamu belum bisa menyelesaikannya, Kamu masih punya waktu hingga semester 14 atau tahun ke-7 Kamu berkuliah.

4. Strata 2 (S2)

Untuk jenjang S2, perkuliahan teknik informatika biasanya diselesaikan dalam waktu 2 tahun atau 4 semester. Jumlah SKS yang perlu diselesaikan adalah 36 SKS. Jika belum selesai, Kamu masih diberi kesempatan menyelesaikan studi hingga semester 8 atau tahun ke-4 Kamu berkuliah.

Baca Juga:  10 Karakter Yang Sesuai Kuliah Teknik Informatika Perlu Kamu Tau

5. Strata 3 (S3)

Lama masa studi TI untuk jenjang S3 adalah 3 tahun dan maksimal 5 tahun. Selama kuliah, Kamu wajib menyelesaikan 40 SKS. Jika selama 3 tahun Kamu belum mampu menyelesaikannya, Kamu masih punya kesempatan hingga semester 10 atau tahun ke-5 Kamu berkuliah.

Nah, itulah informasi mengenai lama masa kuliah teknik informatika. Kamu bisa memilih untuk lulus tepat waktu atau lulus lebih cepat dari waktu normalnya. Tapi Kamu tidak bisa melebihi batas maksimal masa kuliah. Jika telah sampai batas maksimal dan Kamu belum lulus, Kamu akan di DO.

Baca Juga:  10 Kampus Dengan Jurusan S2 Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya buat Kamu yang mau ambil kuliah TI. Kalau mau kuliah D3, D4, S1, S2, S3 sudah memilliki gambaran mau selesai tepat waktu normal atau sampai akhir-akhir. Semua tergantung Kamu yang menjalaninya.

Kuliah nggak harus cepat-cepat dan juga jangan lambat-lambat. Sebisa mungkin lulus diwaktu yang tepat. Kapan? ya hanya Kamu yang tau. Karena sejatinya ilmu lebih penting dari hanya sekedar cepat-cepatan. Dengan adanya informasi ini, Kamu akan punya gambaran mengai masa studi tiap-tiap jenjang yang ada di teknik informatika.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *