Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Informatika

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Informatika Dan Gajinya

Tersedia begitu banyak peluang atau prospek kerja teknik informatika. Ada banyak jenis profesi yang bisa Kamu tekuni dengan mengambil jurusan teknik informatika. Peluang gaji yang didapatkan dari jurusan ini pun juga bagus. Berikut akan dibahas peluang kerja teknik informatika yang bisa Kamu dapatkan.

1. Programmer

Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

2. System Analyst

System analyst bertugas menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. Siystem analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang diterima oleh system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Informatika Untuk Jenjang S1

3. IT Consultant

Profesi ini bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka. IT consultant memiliki penghasilan yang cukup tinggi juga yaitu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

4. Software Engineer

Software engineer memiliki tugas yang hampir sama dengan programmer dan system analyst. Seorang software bisa mendapat gaji hingga Rp 8 juta untuk pemula dan bahkan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.

5. Database Engineer

Database engineer bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini bagi fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah jika Kamu sudah berpengalaman.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

6. Software Developer

Software developer merupakan profesi yang beperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai Rp 8 juta.

7. Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

8. IT Executive

IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika Bagi Yang Bingung Kuliah

9. Network Administrator

Seorang network administrator bertugas untuk menjaga kontinuitas jaringan sistem. Gaji untuk seorang network administrator dapat mencapai Rp 9 juta.

10. Network Support Engineer

Profesi yang satu ini bertugas melakukan analisis sistem jaringan. Gaji yang didapatkan untuk profesi ini berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Profesi apa yang menjadi impianmu? Apapun itu, pastikan Kamu memilihnya karena Kamu memang berminat dengan profesi tersebut bukan semata-mata karena gaji. Semoga informasi peluang atau prospek kerja teknik informatika di artikel ini bisa bermanfaat ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *