Perbedaan Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi

Image: canva.com

10 Perbedaan Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi

Banyak orang yang menganggap jurusan teknik informatika dan teknologi informasi itu sama. Keduanya memang mempelajari bidang yang sama, yaitu IT. Namun ada beberapa hal yang menjadi perbedaan teknik informatika dan teknologi informasi secara mendasar.

Setiap kampus memiliki nama yang berbeda untuk menyebut jurusan ini. Sekedar tips untuk membedakan keduanya, Kamu hanya perlu melihat di fakultas apa jurusan ini ditempatkan. Beberapa kampus menempatkan kedua jurusan ini di fakultas yang berbeda karena kurikulumnya memang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbedaan antara teknik informatika dengan teknologi informasi yang perlu Kamu ketahui.

Baca Juga:  10 Skill Dasar Lulusan Teknik Informatika (Paling Minimal Banget)

1. Nama Lain Teknik Informatika

Setiap universitas memiliki penyebutan yang berbeda untuk jurusan teknik informatika. Ada yang menyebutnya dengan Ilmu Komputer, Informatika, Ilmu Komputasi, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan nama-nama sejenisnya.

2. Nama Lain Teknologi Informasi

Begitu pula dengan jurusan teknologi informasi. Beberapa universitas memiliki penyebutan yang lain, diantaranya sistem informasi, manajemen informatika, sistem informasi manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen informasi, dan nama-nama sejenisnya.

3. Teknik Informatika Lebih Banyak Belajar Matematika

Perbedaan teknik informatika dan teknologi informasi yang paling mendasar adalah hal yang dipelajarinya. Jurusan teknik informatika lebih banyak belajar matematika dan logika. Oleh karena itu, di beberapa kampus, jurusan ini masuk ke fakultas MIPA.

Baca Juga:  10 Kampus Dengan Jurusan S2 Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

4. Teknologi Informasi Belajar Manajemen

Mahasiswa teknologi informasi tidak hanya belajar matematika, tapi juga belajar hal-hal terkait manajemen dan bisnis dunia IT. Kamu akan mendapat mata kuliah berupa administrasi, manajemen, dan bisnis.

5. Mahasiswa Teknik Informatika Belajar Programming

Mahasiswa teknik informatika lebih banyak belajar bahasa pemrograman. Nantinya pada waktu tugas akhir, setiap mahasiswa mendapat tugas membuat aplikasi sebagai syarat lulus.

6. Mahasiswa Teknologi Informasi Belajar Bisnis Terkait IT

Mahasiswa teknologi informasi lebih banyak belajar tentang bisnis terkait IT. Kamu tidak perlu ahli membuat aplikasi karena tugas Kamu nantinya adalah menjadi perpanjangan tangan anak teknis dengan klien.

Baca Juga:  4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia Dan Cara Penulisannya

7. Teknik Informatika Lebih Banyak Implementasi

Masuk ke jurusan teknik informatika tidak terlalu banyak belajar teori, tapi lebih ke implementasi. Kamu akan praktek langsung untuk memahami berbagai bahasa pemrograman.

8. Teknologi Informasi Lebih Banyak Teori

Jurusan teknologi informasi akan tepat jika disebut sebagai jurusan IT yang lebih banyak teorinya. Kamu akan belajar teori manajemen, bisnis, dan hal-hal lainnya terkait itu. Selain itu, Kamu juga akan dikenalkan ke hal-hal teknis yang perlu Kamu ketahui dan kuasai.

9. Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Baca Juga:  10 Kampus Dengan Jurusan D3 Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia

Perbedaan teknik informatika dan teknologi informasi selanjutnya adalah masalah prospek kerja lulusannya. Lulusan teknik informatika akan menjadi seorang programmer, pembuat aplikasi, software engineer, dan sejenisnya.

10. Prospek Kerja Lulusan Teknologi Informasi

Untuk lulusan teknologi informasi, prospek kerjanya meliputi IT manager, database administrator, sistem analis, dan pekerjaan sejenisnya.

Nah, itulah perbedaan teknik informatika dan teknologi informasi. Semoga informasi ini bisa membantu Kamu membedakan kedua jurusan terkait IT ini.