Gelar Sarjana Teknik Informatika

Image: canva.com

4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia Dan Cara Penulisannya

Gelar sarjana teknik informatika di Indonesia sangat beragam. Ada universitas yang menggunakan gelar sarjana teknik, ada yang menggunakan sarjana komputer, bahkan ada pula yang menggunakan gelar sarjana pendidikan. Perbedaan penggunaan gelar ini biasanya didasarkan atas pilihan nama jurusan dan fakultasnya.

Berikut ini beberapa nama gelar sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia yang Kamu jadikan wawasan baru.

1. S.T. (Sarjana Teknik)

Gelar S.T. ini diberikan untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di jenjang sarjana. Program studi yang juga menggunakan gelar ini adalah prodi teknik komputer dan teknik informatika. Khususnya jika kedua prodi ini masuk ke dalam Fakultas Teknik.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

2. S. Kom. (Sarjana Komputer)

Gelar S.Kom. atau sarjana komputer diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di jenjang sarjana. Beberapa prodi yang menggunakan gelar ini yaitu:

  • Ilmu Komputer (Computer Science)
  • Sistem Informasi (Information System)
  • Teknik Informatika (Informatic Engineering)
  • Sistem Komputer (Computer System)
  • Komputerisasi Akuntansi (Computerized Accounting)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

Biasanya, gelar ini diberikan oleh universitas yang memiliki jurusan teknik informatika dan bidang ilmu komputer lainnya di Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik Informatika. Dengan demikian, gelar yang digunakan adalah sarjana komputer, bukan sarjana teknik meskipun nama jurusannya mengandung kata teknik.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah D4 Teknik Informatika Jika Kamu Masih Ragu

3. S. ST. (Sarjana Sains Terapan)

Gelar sarjana teknik informatika di jenjang D4 adalah S.ST. atau sarjana sains terapan. Jenjang D4 merupakan jenjang yang setara dengan S1 atau sarjana karena mahasiswa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan 144 SKS dalam waktu 4 tahun.

Meskipun setara, jenjang D4 dan S1 tidak sama. Jenjang D4 termasuk dalam jalur pendidikan profesional atau vokasi. Sedangkan S1 termasuk dalam jalur pendidikan akademis. Dengan demikian, kurikulumnya berbeda.

4. S. Pd. (Sarjana Pendidikan)

Selain ketiga gelar yang sudah disebutkan itu, Kamu juga mungkin akan mendapatkan gelar S.Pd. Gelar ini didapatkan ketika Kamu memilih kampus dengan jurusan pendidikan teknik informatika, seperti yang ada di UNY dan UNJ. Jadi, jurusan ini lebih berfokus kepada bidang pendidikannya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Informatika Dan Gajinya

Lulusan dari jurusan pendidikan teknik informatika ini nantinya diarahkan untuk menjadi seorang guru atau trainer. Namun bukan tidak mungkin Kamu yang dari jurusan ini bisa berkarir di bidang teknis.

Keempat gelar sarjana teknik informatika tersebut ditulis setelah nama lengkap. Sebelum gelar dan sesudah nama lengkap, dipisahkan dengan tanda koma. Contohnya: Nama Lengkap, S.T.

Demikian informasi mengenai gelar sarjana teknik informatika dan cara penulisannya. Semoga setelah membaca informasi ini, Kamu tidak lagi bingung dengan macam-macam penggunaan gelar untuk mahasiswa lulusan sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia. Kamu tinggal pilih kampus mana yang gelarnya sesuai keinginanmu. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *