Perbedaan SNMPTN Dan SBMPTN

Image: canva.com

10 Perbedaan SNMPTN Dan SBMPTN

Kamu yang duduk di bangku kelas 12 mungkin saat ini sedang menimbang-nimbang akan masuk lewat SNMPTN atau SBMPTN. Lalu apakah Kamu tahu apa perbedaan keduanya? Bagi Kamu yang sudah tahu, selamat ya. Tapi bagi Kamu yang belum paham apa perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, maka sebaiknya simak ulasannya dibawah ini!

Mengenal SNMPTN

Berbicara mengenai SNMPTN, berikut ini ada beberapa fakta yang bisa Kamu simak, antara lain :

1. Jalur Masuk Tanpa Ujian Tertulis

SNMPTN adalah jalur yang bisa diikuti calon mahasiswa tanpa mengikuti ujian tertulis. Jalur ini biasanya diberikan kepada siswa yang berasal dari sekolah terakreditasi dengan prestasi dan nilai rapor yang bagus.

Baca Juga:  Contoh Soal-Soal Ujian SBMPTN Yang Sering Muncul Dan Perlu Dipelajari

2. Prosesnya Didaftarkan Guru BK

Biasanya, proses dari jalur ini didaftarkan oleh guru BK sekolah masing-masing. Para siswa hanya menyerahkan berkas saja sementara pihak sekolah yang mendaftarkan ke jalur undangan.

3. Hanya Bisa Diikuti Lulusan Baru

Berbeda dari cara masuk lainnya, SNMPTN menggunakan sistem undangan yang mana hanya untuk lulusan di tahun yang sama seleksi diselenggarakan. Jadi jika SNMPTN diadakan di tahun 2019, maka hanya lulusan tahun 2019 saja yang bisa mengikutinya.

4. Pilihan Jurusan

Untuk mereka yang mendapat jalur masuk satu ini, maka diperbolehkan memilih maksimal 3 jurusan dalam satu area sekolah yang sama.

Baca Juga:  10 Tips Lolos SNMPTN Buat Kamu Yang Mau Kuliah Di PTN

5. Kuota Per Universitas

Untuk kuota Universitas, SNMPTN diberikan kuota sekitar 20% dari total kursi yang ada.

Mengenal SBMPTN

Jika Kamu sudah mengenal apa itu SNMPTN, berarti Kamu sudah sedikit banyak tahu jika ada perbedaan SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN dikenal sebagai jalur undangan atau by pass para siswa berprestasi, sementara itu SBMPTN lebih dikenal dengan ujian tulis yang harus para calon mahasiswa lewati bersama-sama. Lalu, apakah perbedaannya?

1. Akreditasi Sekolah Tidak Diperhitungkan

Jika di SNMPTN akreditasi sekolah sangat mempengaruhi penilaian masuk atau tidaknya calon mahasiswa, maka di SBMPTN akreditasi tidak begitu diperhitungkan. Jadi Kamu murni melakukan ujian tulis saja berdasarkan kemampuanmu, tidak berdasar baik atau tidaknya sekolahmu, juga tidak berdasar prestasi yang Kamu ukir selama di sekolah.

Baca Juga:  Cara, Syarat, dan Biaya Proses Pendaftaran SNMPTN

2. Ujian Dulu, Baru Pilih PTN

Jika SNMPTN memperbolehkan peminatnya untuk memilih maksimal 3 jurusan, maka SBMPTN mengharuskan peminatnya untuk ujian dulu, baru dapat memilih Perguruan Tinggi Negeri.

3. Tes Berbasis Komputer

Di SBMPTN, semua ujian atau tes dilakukan dengan basis komputer atau bahasa kerennya UTBK. Fokus materi yang diujikan ada dua, yakni Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (PTS). TKA umumnya berbasis sains dan teknologi serta sosial humaniora, sedangkan TPS berputar pada kemampuan penalaran, kognitif, dan umum.

4. Biaya Pendaftaran

Baca Juga:  Materi SBMPTN SAINTEK Yang Sering Muncul Dan Wajib Kamu Pelajari

Jika SNMPTN tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis, maka SBMPTN mengharuskan peminatnya untuk membayar biaya pendaftaran sekitar Rp 200.000.

5. Bisa Diikuti Lulusan Tahun Lalu

Bagi Kamu yang gagal masuk perguruan tinggi di tahun yang sama dengan tahun kelulusan SMA, maka Kamu bisa mencoba ikut SBMPTN.

Demikian ulasan tentang 10 perbedaan SNMPTN dan SBMPTN. Semoga bermanfaat buat Kamu yang mau masuk ke PTN. Kamu bisa ikuti salah satu atau bisa dua-duanya.