Cara, Syarat, Dan Biaya Proses Pendaftaran SBMPTN

Image: canva.com

Cara, Syarat, Dan Biaya Proses Pendaftaran SBMPTN Tahun 2020

Pendaftaran SBMPTN semakin mendekat. Pelajar yang akan lulus SMA pada tahun ini mendatang harus mulai bersiap-siap dari sekarang untuk menghadapi SBMPTN. SBMPTN merupakan kesempatan emas bagi Kamu yang ingin berkuliah di universitas negeri terbaik di Indonesia sesuai dengan jurusan yang Kamu inginkan.

Perlu diketahui bahwa SBMPTN merupakan seleksi tertulis yang sangat ketat. Semua pelajar dari seluruh Indonesia akan bersaing berusaha yang terbaik untuk bisa lolos seleksi dan diterima di universitas serta jurusan yang diinginkan. Oleh karena itu, Kamu harus mempersiapkan diri dengan matang sedini mungkin.

Baca Juga:  Materi SBMPTN SAINTEK Yang Sering Muncul Dan Wajib Kamu Pelajari

Cara Pendaftaran

Bagaimana prosedur pendaftaran yang harus dilewati agar Kamu bisa mengikuti SBMPTN? Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online dengan mengisi formulir di https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Pertama, Kamu harus melakukan pendaftaran awal dengan mengisi data berupa nama, tanggal lahir, dan masukkan kode yang tersedia.

Setelah melakukan pendaftaran awal, Kamu akan mendapatkan tanda bukti yang bisa dipakai untuk membayar di bank. Setelah membayar, Kamu bisa melakukan pendaftaran lagi. Masuk ke halaman pendaftaran dan gunakan KAP serta PIN yang Kamu dapatkan dari bank saat membayar.

Baca Juga:  Perbedaan SBMPTN Dengan Jalur Mandiri Yang Perlu Kamu Tau

Pada tahap pendaftaran kedua ini Kamu harus mengisi informasi lengkap. Kamu harus mengisi pilihan PTN, program studi, dan lain sebagainya. Setelah semua data yang diperlukan sudah terisi dan sudah dipastikan benar, Kamu bisa langsung mencetak tanda bukti pendaftaran tersebut.

Syarat Pendaftaran

Agar bisa melakukan pendaftaran dengan lancar, maka Kamu perlu memenuhi persyaratan. Berikut adalah beberapa persyaratan mendaftar SBMPTN yang harus Kamu ketahui:

  1. Lulus sekolah menengah tingkat atas baik SMA, MA, SMK, MAK, atau sederajat.
  2. Sudah memiliki ijazah untuk lulusan tahun 2018 dan 2019.
  3. Sudah memiliki surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2020.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
Baca Juga:  Jenis Soal SBMPTN Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Tes

Setelah memenuhi semua persyaratan ini maka Kamu bisa langsung melakukan prosedur pendaftaran yang sudah dibahas sebelumnya.

Biaya Pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran, maka Kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran agar bisa mengikuti SBMPTN. Berapa besarnya biaya yang diperlukan untuk mengikuti SBMPTN? Kamu harus membayar sebesar Rp 200.000 melalui bank BTN, bank Mandiri, atau bisa juga melalui bank BNI.

Ketika membayar, pastikan Kamu membawa tanda bukti pendaftaran awal yang sudah Kamu dapatkan. Setelah pembayaran selesai, pastikan Kamu menyimpan tanda bukti pembayaran dari bank karena disitu tertera KAP dan PIN yang akan Kamu butuhkan untuk melanjutkan prosedur pendaftaran.

Baca Juga:  Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Yang Perlu Kamu Tau

Itulah tadi sedikit informasi mengenai cara, syarat, dan biaya pendaftaran SBMPTN. Pastikan Kamu memahami bagaimana prosedur pendaftaran yang tepat agar Kamu bisa mengikuti SBMPTN. Jika masih bingung, mintalah bantuan pihak sekolah dan pastikan Kamu memilih PTN serta jurusan yang sudah Kamu pikirkan dengan matang. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga sukses dengan kampus pilihannya.