Tips Lolos SNMPTN

Image: canva.com

10 Tips Lolos SNMPTN Buat Kamu Yang Mau Kuliah Tahun 2019

Butuh tips lolos SNMPTN yang jitu? SNMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan berdasarkan penelusuran prestasi akademik siswa. Seleksi dilakukan menurut nilai rapor siswa. Jalur SNMPTN ini juga disebut dengan nama jalur SNMPTN undangan, tanpa tes dan hanya mengandalkan nilai rapor.

Jalur SNMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang banyak diharapkan oleh para pelajar. Jalur penerimaan yang satu ini dinilai menjadi cara termudah untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Proses pendaftaran juga dilakukan oleh pihak sekolah dan Kamu akan dibimbing penuh sampai diterima.

Namun, perlu diketahui juga bahwa persaingan di jalur SNMPTN sangatlah ketat. Untuk bisa lolos jalur SNMPTN ini Kamu harus menyingkirkan ribuan pesaing lainnya. Namun, bukan berarti Kamu tidak bisa lolos. Berikut adalah beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa Kamu coba :

Baca Juga :  Cara, Syarat, dan Biaya Proses Pendaftaran SNMPTN Tahun 2019

1. Analisis Prestasimu

Jalur SNMPTN melakukan seleksi berdasarkan prestasi yang Kamu dapatkan selama di sekolah. Kamu akan diminta untuk memasukkan data nilai yang Kamu peroleh selama di SMA. Dari nilai-nilai inilah kemudian dilakukan seleksi.

Untuk mengetahui seberapa besar peluangmu lolos, coba lakukan dulu analisis terhadap catatan prestasi akademis yang Kamu dapatkan. Peluangmu lolos akan semakin besar jika prestasimu terus meningkat di setiap semester. Jadi, usahakan untuk berusaha sebaik mungkin di setiap tahun belajarmu di SMA.

2. Realistis Saat Memilih Jurusan

Ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa Kamu ambil melalui jalur penerimaan SNMPTN ini. Pastikan Kamu memilih jurusan yang tepat sesuai dengan nilai yang Kamu miliki. Bersikaplah realistis saat memilih jurusan sehingga peluangmu untuk diterima bisa lebih besar.

Baca Juga :  Jadwal SNMPTN Jadwal UTBK Jadwal SBMPTN Lengkap 2019

3. Perhatikan Kuota Penerimaan

Perhatikan kuota penerimaan masing-masing universitas maupun jurusan melalui jalur SNMPTN. Jika Kamu bisa mengetahui kuota penerimaannya maka Kamu bisa memperkirakan bagaimana peluangmu untuk diterima.

4. Pertimbangkan Prestasi Non-Akademis

Selain melakukan penilaian prestasi akademis, proses seleksi SNMPTN juga melalukan penilaian berdasarkan prestasi non-akademis. Akan jauh lebih baik jika Kamu memiliki prestasi non-akademis yang berhubungan dengan jurusan yang akan Kamu pilih.

5. Catat Jadwal Penerimaan Jalur SNMPTN

Salah satu kunci untuk bisa diterima melalui jalur SNMPTN adalah Kamu harus mendaftarkan diri di waktu yang tepat. Catatlah jawal penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan pastikan Kamu mengikuti seleksi sesuai jadwal yang berlaku.

Baca Juga :  Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UNY 2019 Jenjang D3, S1, S2 & S3

Itulah tadi 5 tips yang bisa dilakukan untuk bisa lolos seleksi melalui jalur SNMPTN. Akan jauh lebih baik jika Kamu berkonsultasi dengan pihak sekolah supaya Kamu bisa diarahkan untuk memilih universitas dan jurusan yang sesuai sehingga peluangmu diterima bisa lebih besar. Semoga tips lolos SNMPTN ini bisa bermanfaat untukmu. Selamat berjuang dan semoga sukses dengan kuliahnya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *