Cara, Syarat, dan Biaya Proses Pendaftaran SNMPTN Tahun 2019

Pendaftaran SNMPTN tahun 2019 sudah semakin dekat. Seleksi tahunan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri ini menjadi kesempatan berharga bagi para pelajar di Indonesia. Mereka yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri jelas tidak boleh melewatkan kesempatan SNMPTN ini.

Ada beberapa jalur yang bisa Kamu tempuh untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri. Beberapa pilihan jalur tersebut di antaranya adalah SBMPTN yang merupakan jalur ujian tertulis, kemudian ada seleksi mandiri dari masing-masing perguruan tinggi negeri, dan SNMPTN yang merupakan jalur undangan bagi pelajar yang berprestasi.

Cara Pendaftaran

Bagi Kamu yang tertarik ingin mengikuti jalur SNMPTN, maka Kamu harus tahu bagaimana cara pendaftarannya. SNMPTN merupakan jalur undangan atau jalur khusus penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Untuk mengikuti jalur ini, Kamu tidak sepenuhnya mendaftar sendiri karena pihak sekolah akan turut membantu.

Baca Juga :  Contoh Soal SBMPTN SOSHUM Wajib Kamu Pelajari

Pertama, pihak sekolah akan melakukan pengisian data sekolah di laman http://pdss.snmptn.ac.id. Selanjutnya, sekolah akan mendapatkan password yang nanti digunakan untuk verifikasi data siswa.

Setelah mendapatkan password, pihak sekolah kemudian melakukan pendataan atau verifikasi data prestasi akademik siswa. Data yang dimasukkan adalah data nilai rapor siswa. Verifikasi data ini dilakukan sampai batas waktu tertentu dan hingga batas waktu berakhir pihak sekolah masih bisa melakukan koreksi data.

Selanjutnya, siswa bisa melakukan pendaftaran mandiri dengan masuk ke laman http://www.web.snmptn.ac.id. Di sini Kamu bisa mengisi formulir dengan data diri yang lengkap. Kamu juga akan diminta mengunggah foto terbaru dan memilih perguruan tinggi serta jurusan. Setelah itu Kamu bisa mencetak kartu bukti pendaftaran SNMPTN.

Baca Juga :  10 Tips Lolos SBMPTN Buat Kamu Yang Mau Kuliah Tahun 2019

Syarat Pendaftaran

Persyaratan untuk ikut SNMPTN dibagi menjadi persyaratan sekolah dan persyaratan siswa yang mendaftar. Sekolah yang bisa mengikuti SNMPTN adalah SMA, MA, maupun SMK, atau sederajat (bisa juga SRI di luar negeri) yang sudah memiliki NPSN dan sudah mengisi data PDSS.

Siswa yang mendaftar harus merupakan siswa dari SMA, MA, SMK, atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang memiliki prestasi unggul. Siswa harus memiliki NISN dan sudah terdaftar di PDSS. Siswa juga harus memasukan verifikasi data rapor semester 1 sampai 5 dan semester 1 sampai 7 untuk SMK 4 tahun.

Perlu diketahui juga bahwa setiap perguruan tinggi bisa saja memberikan persyaratan tambahan. Jadi, selain persyaratan umum ini, siswa juga bisa melihat kembali persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi.

Baca Juga :  Jenis Soal SBMPTN Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Tes

Biaya Pendaftaran

Bagaimana dengan biaya pendaftaran? SNMPTN merupakan program seleksi khusus yang ditujukan bagi siswa berprestasi. Siswa tidak perlu membayar biaya apapun karena semua biaya penyelenggaran akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemerintah.

Itulah tadi sedikit informasi seputar pendaftaran SNMPTN. Bagi Kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri, jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Supaya bisa lolos SNMPTN, Kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin agar nilai rapormu selalu baik.



Pada kategori Daftar Kuliah

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *