Tips Lolos SBMPTN

Image: [Edi Susilo] canva.com

10 Tips Lolos SBMPTN Buat Kamu Yang Mau Kuliah Tahun 2019

Butuh tips lolos SBMPTN? Untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri memang tidak mudah. Hampir semua pelajar di Indonesia menargetkan bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri. Jadi, jika Kamu harus siap untuk bersaing ketat dengan banyak orang.

SBMPTN merupakan salah satu peluang bagi Kamu untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri. SBMPTN merupakan ujian tertulis yang akan menyeleksi Kamu agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang Kamu pilih.

Agar bisa lolos SBMPTN, berikut ada 10 tips lolos SBMPTN yang bisa Kamu coba :

1. Tentukan Target

Tentukan targetmu terlebih dahulu karena akan lebih mudah untuk berhasil jika Kamu paham pada targetmu sendiri. Jurusan apa dan universitas apa yang Kamu targetkan. Kemudian berusahalah sambil terus mengingat target yang Kamu miliki.

Baca Juga :  Contoh Soal SBMPTN SOSHUM Wajib Kamu Pelajari

2. Tetapkan Motivasi

Motivasi dirimu sendiri agar Kamu bisa mengeluarkan kemampuan terbaikmu dalam mengikuti SBMPTN. Jika Kamu merasa lelah, Kamu bisa kembali mengingat motivasimu sehingga Kamu bisa kembali bersemangat.

3. Buat Jadwal Belajar

Buatlah jadwal belajar untuk dirimu sendiri. Tentukan kapan saja Kamu harus belajar dengan efektif. Ikuti jadwal belajar yang sudah Kamu buat dengan disiplin.

4. Belajar Berkelompok

Jika Kamu kesulitan belajar sendiri, Kamu bisa belajar secara berkelompok. Buatlah kelompok belajar bersama teman-temanmu agar kalian bisa saling membantu.

5. Ikuti Bimbingan Belajar

Bergabunglah dengan program bimbingan belajar. Kamu bisa mendapatkan bantuan belajar yang tepat dan ilmu yang Kamu dapatkan juga akan semakin terarah.

Baca Juga :  Jenis Soal SBMPTN Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Tes

6. Fokus Latihan Soal

Supaya bisa lolos SBMPTN Kamu harus banyak-banyak berlatih mengerjakan soal. Kumpulkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya dan gunakan untuk berlatih.

7. Sempatkan Istirahat

Jangan terus mendorong dirimu sendiri untuk belajar setiap saat. Meskipun Kamu memang harus berusaha keras namun ada waktunya Kamu harus beristirahat. Luangkan waktu untuk beristirahat agar kesehatan tetap terjaga dan Kamu siap menjalani ujian.

8. Bertanya pada Senior

Kamu bisa bertanya pada senior yang sebelumnya telah menjalani SBMPTN. Tanyakan bagaimana ujiannya, seperti apa suasananya, apa saja yang harus dipersiapkan, dan apa tips yang bisa dilakukan.

9. Minta Restu Orang Tua

Restu orang tua adalah yang terpenting saat Kamu akan melakukan apapun. Kamu harus meminta restu dari orang tuamu agar Kamu bisa mendapat kemudahan untuk lolos SBMPTN.

Baca Juga :  Cara, Syarat, Dan Biaya Proses Pendaftaran SBMPTN Tahun 2019

10. Berdoa dan Percaya Diri

Jangan lupa berdoa sebelum menghadapi ujian SBMPTN. Berdoa bisa membantu Kamu lebih tenang dan lebih percaya diri. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan saat menjalani ujian agar Kamu lebih yakin dan fokus.

Itulah 10 tips lolos SBMPTN yang bisa Kamu lakukan. Satu hal yang terpenting adalah Kamu harus yakin pada dirimu sendiri. Yakinlah bahwa Kamu pasti bisa menjalani ujian dengan baik dan bisa lolos diterima di universitas impianmu.



Pada kategori Daftar Kuliah

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *