Cara Menjadi Presenter

Image: canva.com

10 Cara Menjadi Presenter Yang Bisa Kamu Coba

Pernahkah Kamu bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi presenter? Untuk Kamu yang ingin menjadikan profesi ini sebagai pilihan karir masa depan, jangan patah semangat. Menjadi presenter tidaklah sulit selama Kamu tahu bagaimana caranya. Untungnya, profesi ini tidak mensyaratkan lulusan dari jurusan tertentu. Kamu yang berasal dari jurusan manapun boleh dan bisa berkarir sebagai presenter.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 10 cara menjadi presenter yang dapat Kamu terapkan:

1. Masuk Ke Jurusan Terkait

Cara yang pertama, Kamu bisa masuk ke jurusan yang terkait. Ada jurusan ilmu komunikasi dan jurusan broadcasting yang bisa Kamu pilih. Dengan masuk ke jurusan ini, Kamu bisa mendapatkan bekal ilmu untuk menjadi seorang presenter.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Presenter

2. Ikuti Pelatihan Public Speaking

Yang kedua, Kamu bisa mengikuti pelatihan publik speaking. Ada pelatihan dengan tema publik speaking yang bisa Kamu ikuti. Tidak hanya yang berbayar, yang gratis pun juga sama banyaknya.

3. Ikuti Pelatihan Menjadi Presenter

Cara menjadi presenter lainnya bisa Kamu coba dengan mengikuti pelatihan menjadi presenter. Pelatihan ini secara khusus mempersiapkan Kamu untuk menjadi presenter televisi, bukan sekedar menjadi seseorang yang jago public speaking.

4. Ikut Lomba-Lomba Presenter

Cara yang keempat adalah dengan mengikuti lomba presenter. Selain mendapatkan hadiah, secara tidak langsung juga Kamu akan mendapatkan ilmu.

Baca Juga:  Apa Itu Presenter? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Presenter

5. Mulai Dengan Menjadi Announcer

Yang kelima, Kamu bisa mulai merintis karir dengan menjadi seorang announcer. Kamu bisa bergabung dengan radio kampus atau bekerja freelance sebagai announcer.

6. Melatih Diri Dengan Menjadi MC

Selain menjadi announcer radio, Kamu juga bisa memulai karir dengan menjadi MC. Saat mulai merintis, Kamu bisa menawarkan diri secara sukarela untuk menjadi pembawa acara. Semakin banyak pengalaman MC, Kamu akan semakin mahir dalam membawakan acara.

7. Kuasai Kemampuan Yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang presenter, Kamu wajib menguasai kemampuan yang dibutuhkan. Mulai dari kemampuan public speaking hingga kemampuan membaca dan memiliki sikap profesional perlu Kamu kuasai dengan baik.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Presenter Sebagai Pilihan Karir

8. Belajar Jurnalistik

Cara menjadi presenter berikutnya adalah Kamu perlu belajar jurnalistik. Seorang presenter perlu memahami dunia jurnalistik, mulai dari memahami cara kerja bidang ini hingga memahami unsur-unsur berita.

9. Jangan Malas Membaca

Seorang presenter perlu memiliki kemampuan membaca yang baik. Karena itulah Kamu jangan malas membaca. Selain membantu Kamu untuk menjadi presenter yang handal, membaca juga memperluas wawasan Kamu.

10. Temukan Mentor Yang Tepat

Jika Kamu tidak yakin untuk melakukannya sendiri, Kamu bisa mencari mentor yang tepat. Kamu bisa berguru kepada orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Dengan demikian, Kamu memiliki seseorang yang bisa diajak berbagi pengalaman.

Baca Juga:  Apa Itu Presenter? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Presenter

Nah, itulah 10 cara menjadi presenter yang bisa Kamu terapkan. Tidak sulit, bukan? Yang perlu Kamu miliki adalah tekad dan kemauan. Selama Kamu mau belajar menguasai kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi presenter, Kamu bisa mewujudkan impian bekerja di bidang ini.