Skill Yang Harus Dimiliki Presenter

Image: canva.com

10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Presenter

Presenter bukan jenis profesi yang menuntut Kamu untuk menguasai teknik tertentu. Kamu tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang kompleks atau hitung-hitungan matematika yang rumit. Selama Kamu menguasai skill yang harus dimiliki presenter, Kamu bisa menjadikan ini sebagai pilihan karir Kamu.

Berbicara mengenai skill atau kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang presenter, apakah Kamu sudah tahu apa saja skill yang dibutuhkan tersebut? Jika Kamu belum mengetahuinya, berikut ini adalah skill-skill yang harus dimiliki presenter:

1. Public Speaking

Yang pertama dan paling utama adalah kemampuan public speaking. Seorang presenter harus mahir berbicara di depan publik dengan tutur kata yang baik. Jika Kamu bisa menguasai ini, Kamu tinggal menambahkan skill lainnya agar bisa menjadi presenter yang handal.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Presenter Sebagai Pilihan Karir

2. Jurnalistik

Yang kedua adalah kemampuan jurnalistik. meskipun tidak berhubungan secara langsung, Kamu perlu memahami dasar-dasar jurnalistik, cara kerjanya, unsur dan nilai berita.

3. Kemampuan Membaca

Kemampuan membaca juga menjadi salah satu skill yang harus dimiliki presenter. Saat membacakan berita, Kamu akan membaca tulisan yang ditampilkan pada prompter. Karena itulah seorang presenter perlu memiliki kemampuan membaca yang baik.

4. Berpikir Kritis

Skill lainnya yang perlu dikuasai adalah berpikir kritis. Kemampuan ini akan membantu Kamu ketika sedang mewawancarai narasumber sehingga bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Presenter Yang Bisa Kamu Coba

5. Wawasan Yang Luas

Selain kemampuan berpikir kritis, memiliki wawasan yang luas juga bisa membuat Kamu lebih mudah membuka obrolan dengan narasumber dari berbagai kalangan ataupun ketika dibutuhkan untuk improvisasi.

6. Mengikuti Isu Terkini

Apakah seorang presenter perlu mengikuti perkembangan isu terkini? Tentu saja perlu. Kemampuan ini masih berhubungan dengan dua poin sebelumnya, yaitu agar Kamu lebih mudah berhubungan dengan narasumber secara langsung.

7. Mudah Beradaptasi

Seorang presenter juga perlu memiliki skill mudah beradaptasi. Ini menjadikan Kamu pribadi yang hangat ketika harus tampil di TV dengan orang lain sehingga terjalin chemistry yang kuat.

Baca Juga:  Apa Itu Presenter? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Presenter

8. Sikap Profesional

Sikap profesional juga termasuk skill yang harus dimiliki presenter. Sikap profesional ini termasuk menjaga wibawa, tutur kata, sikap, dan juga kepercayaan diri ketika sedang memandu acara di televisi.

9. Mau Dan Cepat Belajar

Untuk menjadi presenter, Kamu perlu memiliki kemauan untuk belajar. Tidak hanya itu, Kamu juga dituntut untuk cepat belajar, misalnya mempelajari latar belakang narasumber.

10. Berpenampilan Menarik

Yang terakhir, Kamu sebaiknya memiliki penampilan yang menarik. Televisi adalah media audio visual. Jadi, penampilan Kamu menjadi hal yang penting karena bisa menarik perhatian penonton untuk menyimak acara yang sedang Kamu bawakan.

Baca Juga:  Apa Itu Presenter? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Presenter

Nah, itulah skill-skill yang harus dimiliki presenter. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut, Kamu sudah memiliki modal yang lebih dari cukup untuk menjadi seorang presenter yang handal. Jadi, Kamu jangan mudah menyerah untuk menguasai skill tersebut.