Apa Itu Presenter

Image: canva.com

Apa Itu Presenter? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Presenter

Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah presenter. Presenter merupakan profesi pembawa acara untuk program-program televisi. Mungkin pernah terbesit dalam pikiran Kamu untuk menjadi presenter ketika Kamu masih kecil. Apakah impian itu masih ada hingga sekarang? Jika iya, Kamu perlu tahu dan mengenal terlebih dahulu apa itu presenter melalui 10 penjelasan berikut ini.

1. Tugas Dan Tanggung Jawab

Presenter identik dengan acara televisi karena seorang presenter bertugas memandu atau membawakan acara di program televisi. Semua hal yang berkaitan dengan memandu acara adalah tugas presenter, seperti mewawancara narasumber dan menyampaikan informasi.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Presenter Yang Bisa Kamu Coba

2. Gaji Yang Diterima

Sama seperti pekerjaan lainnya, presenter juga menerima gaji setiap bulan. Gaji presenter di Indonesia mulai dari Rp4.400.000 hingga Rp7.400.000 per bulan.

3. Jurusan Terkait

Jika Kamu ingin menjadi seorang presenter, ada jurusan linier dengan profesi ini yang bisa Kamu pilih. Jurusan tersebut di antaranya adalah ilmu komunikasi, broadcasting, dan sastra.

4. Soft Skills

Kamu sudah tahu apa itu presenter. Kamu juga perlu tahu kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi presenter. Beberapa soft skills yang Kamu perlu menguasai yaitu kemampuan public speaking, berpikir kritis, dan mudah beradaptasi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Presenter Sebagai Pilihan Karir

5. Hard Skills

Selain soft skills, ada juga hard skills yang perlu Kamu kuasai. Karena pekerjaan ini berhubungan langsung dengan televisi, Kamu perlu sedikit tahu pengoperasian alat-alat broadcasting.

6. Cara Menjadi Presenter

Tidak sulit untuk menjadi sulit presenter. Selama Kamu menguasai kemampuan public speaking yang baik, Kamu sudah bisa menjadi seorang presenter. Public speaking menjadi modal utama bagi Kamu untuk membawakan acara dengan baik.

7. Syarat Menjadi Presenter

Untuk menjadi seorang presenter, ada beberapa persyaratan yang perlu Kamu penuhi selain kemampuan public speaking. Syarat tersebut di antaranya adalah berpenampilan menarik, memiliki rasa percaya diri, berwawasan luas, dan menguasai jurnalistik.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Presenter

8. Bidang Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di awal ketika membahas apa itu presenter, seorang presenter identik dengan televisi. Jadi, bidang kerjanya adalah di industri media, dalam hal ini industri pertelevisian.

9. Bedanya Dengan MC

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut pembawa acara, mulai dari presenter, MC, hingga host. Bedanya presenter dengan MC adalah presenter memandu program acara di televisi. Sedangkan MC merujuk pada orang yang memandu acara yang biasanya bersifat off air.

10. Bedanya Dengan Host

Lalu apa bedanya presenter dengan host? Kedua istilah ini sering ditemukan di televisi. Bedanya, presenter biasanya membawakan acara berita sedangkan host biasanya membawakan acara talkshow.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Presenter Yang Bisa Kamu Coba

Demikian 10 penjelasan mengenai apa itu presenter yang perlu Kamu ketahui. Sekarang, Kamu sudah mengenal presenter, mulai dari tugasnya, gajinya, hingga kemampuan yang perlu dimiliki untuk menjadi presenter. Semoga informasi ini bisa menjadi bekal bagi Kamu yang ingin serius menekuni profesi di bidang ini.