Cara Menjadi Nakhoda

Image: canva.com

10 Cara Menjadi Nakhoda Yang Bisa Kamu Coba Sebagai Referensi

Cara menjadi Nakhoda sudah tentu harus Kamu ketahui apabila ingin meniti karir sebagai Nakhoda. Menjadi Nakhoda ada susah dan gampangnya, artinya tidak selalu harus dipenuhi dengan pendidikan, tapi juga diselingi dengan pelatihan. Jika Kamu enjoy melakukannya proses menjadi seorang Nakhoda akan menjadi menyenangkan.

Jika Kamu benar-benar berniat menjadi Nakhoda, maka 10 cara berikut dapat dilakukan:

1. Memilih Jurusan Nakhoda

Pertama, Kamu bisa memilih sekolah khusus seorang Nakhoda. Misalnya, memilih bersekolah di sekolah kejuruan jurusan Nakhoda dan mengenyam pendidikan selama 3 tahun. Kemudian menambah lagi masuk ke sekolah tinggi pelayaran dan menempuh pendidikan 4 tahun.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Nakhoda Sebagai Pilihan Karir

2. Mengikuti Pelatihan Menjadi Nakhoda

Selain bersekolah khusus, Kamu juga bisa mengambil pelatihan menjadi Nakhoda dengan masa pendidikan lebih singkat. Namun, dalam pelatihan ini tantangannya akan lebih berat. Tidak jarang ada yang memutuskan mundur di tengah jalan.

Oleh sebab itu, persiapkan mental terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan khusus semacam ini.

3. Magang Di Perusahaan Pelayaran Dan Bekerja Di Kapal

Dengan magang di perusahaan pelayaran dan bekerja di kapal, Kamu sudah satu langkah mendekat menjadi seorang Nakhoda. Bekerja di kapal akan membantu untuk mengenai berbagai hal yang ada di kapal, baik mesin, operasional di kapal, dan hal lainnya.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Nakhoda

4. Melamar Pekerjaan Sebagai Kru Kapal

Menjadi kru kapal tidak selalu harus lulusan jurusan pelayaran. Kamu juga bisa memasukkan ijazah SMA atau SMK, tapi jika diterima akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu jalan meniti karir hingga nantinya bisa menjadi Nakhoda.

5. Mengikuti Pelatihan Dari Instruktur Profesional

Cara menjadi Nakhoda lainnya adalah dengan mengikuti pelatihan khusus yang diberikan oleh instruktur profesional. Tidak semua orang memiliki kesempatan seperti ini.

6. Mempelajari Bagaimana Menjadi Nakhoda

Kamu juga bisa memulai dengan mempelajari bagaimana cara menjadi seorang Nakhoda. Bisa dari video-video yang ada di Youtube atau mencari berbagai literatur mengenai dunia pelayaran.

Baca Juga:  Apa Itu Nakhoda? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Nakhoda

7. Meningkatkan Kemampuan Dasar Menjadi Nakhoda

Kemampuan dasar sebagai Nakhoda itu penting. Nah, Kamu bisa meningkatkan kemampuan dasar ini mulai dari sekarang. Kemampuan dasar yang harus dikembangkan adalah tanggung jawab, disiplin, dan keterampilan komunikasi serta interpersonal.

8. Mengikuti Tes Minat Dan Kemampuan Sebagai Nakhoda

Agar lebih yakin lagi dalam memilih menjadi Nakhoda, ikuti tes minat dan kemampuan.

9. Memiliki Jam Terbang Sebanyak 360 Hari Di Kapal

Seorang Nakhoda harus memiliki jam terbang selama 360 hari di kapal dan menguasai kemampuan koordinasi dan mekanik untuk mengoperasikan kapal. Jadi, bukan hanya sekadar lulus sekolah pelayaran, tapi juga memiliki pengalaman.

Baca Juga:  10 Tugas Nakhoda Yang Perlu Kamu Pahami

10. Minimal Sudah Bekerja Di Kapal Selama 5 Tahun

Seorang Nakhoda juga harus memenuhi pengalaman kerja selama 5 tahun di kapal. Kamu harus memenuhi kriteria ini.

Cara menjadi Nakhoda di atas semoga bisa memberikan Kamu suntikan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk meraih impian menjadi Nakhoda.