Apa Itu Nakhoda

Image: canva.com

Apa Itu Nakhoda? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Nakhoda

Apa itu Nakhoda? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam benak mereka yang baru mendengar istilah Nakhoda. Bisa dikatakan Nakhoda adalah orang yang memimpin sebuah kapal. Namun, kalau Kamu ingin tahu penjelasan lebih rinci mengenai profesi satu ini, mari simak uraian berikut:

1. Merupakan Pekerjaan Di Wilayah Perairan

Nakhoda merupakan pekerjaan yang mengharuskan Kamu bekerja di atas kapal dan tentunya kapal memerlukan laut. Jadi, sudah jelas Nakhoda merupakan pekerjaan di wilayah lautan.

2. Nakhoda Adalah Pemimpin Sebuah Kapal

Jika di pesawat ada pilot, di kereta ada masinis, maka Nakhoda tempatnya di kapal. Nakhoda adalah pemimpin sebuah kapal sehingga bertanggung jawab terhadap kapal dan seluruh isinya selama perjalanan yang ditempuh, mulai berangkat hingga sampai tujuan.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Nakhoda Yang Bisa Kamu Coba Sebagai Referensi

3. Nakhoda Merupakan Pekerjaan Dengan Tanggung Jawab

Pekerjaan seorang Nakhoda bukan hanya mengendalikan kapal agar berjalan sesuai rute dan menghadapi berbagai masalah yang timbul saat dalam perjalanan. Misalnya perjalanan yang terhambat karena cuaca buruk. Namun, juga bertanggung jawab untuk semua barang bawaan dan penumpang di kapal.

Oleh sebab itu, Nakhoda harus memiliki sikap bertanggung jawab dan pemimpin sehingga bisa memastikan kapal dapat sampai ke tujuan dengan keadaan sama seperti kala berangkat.

4. Pekerjaan Dengan Risiko Tinggi Dan Penuh Petualangan

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Nakhoda Sebagai Pilihan Karir

Nakhoda merupakan salah satu pekerjaan dengan risiko tinggi sehingga tidak semua orang rela, mau, dan bersedia untuk memilih jenis karier ini. Hanya jika Kamu adalah orang yang suka mengambil risiko dalam melakukan tindakan ekstrim, maka Anda sangat tepat menjadi seorang Nakhoda.

5. Pekerjaan Yang Membutuhkan Fisik Dan Mental Kuat

Apa itu Nakhoda? Merupakan pekerjaan mengemudikan kapal yang ukurannya tidak kecil. Tanggung jawab yang dimiliki tidaklah besar. Untuk menunjang seorang nakhoda bisa bekerja dengan baik, maka diperlukan fisik dan mental kuat. Bahkan tidak jarang Nakhoda harus menempuh pelatihan militer.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Nakhoda

6. Nakhoda Mengurus Segala Sesuatu Di Atas Kapal

Segala hal yang dikerjakan kru atau perwira kapal harus diketahui oleh Nakhoda , terutama jika berhubungan dengan operasional kapal. Semua kru wajib melakukan pelaporan kepada Nakhoda apabila ada masalah yang mungkin dapat mengganggu pelayaran.

7. Pekerjaan Yang Mendapatkan Gaji Tinggi

Sebagai sebuah pekerjaan dengan tanggung jawab besar dan risiko tinggi, juga membutuhkan keahlian khusus serta kematangan mental dan fisik, maka sudah jelas Nakhoda merupakan pekerjaan dengan gaji tinggi. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 100 juta.

Baca Juga:  10 Tugas Nakhoda Yang Perlu Kamu Pahami

8. Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pecinta Laut

Kamu mencintai laut karena tumbuh besar di daerah pesisir laut? Maka menjadi Nakhoda adalah karir yang tepat.

9. Jarang Bisa Berkumpul Bersama Keluarga

Karena harus menghabiskan banyak waktu di atas kapal, maka Nakhoda jarang pulang sehingga jarang berkumpul dengan keluarga.

10. Harus Memiliki Jam Terbang Minimal 360 Hari Di Laut

Untuk menjadi Nakhoda, bukan hanya pendidikan, tapi juga pengalaman kerja sebagai seorang pelaut. Minimal seorang Nakhoda harus memiliki jam terbang 360 hari di laut dan harus dipenuhi dalam 5 tahun.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Nakhoda Sebagai Pilihan Karir

Nah, sudah tidak penasaran lagi dengan apa itu Nakhoda. Menjadi Nakhoda bisa menjadi salah satu pilihan karir yang patut diperhitungkan.