Tugas Nakhoda

Image: canva.com

10 Tugas Nakhoda Yang Perlu Kamu Pahami

Tugas Nakhoda sama sekali tidak mudah. Banyak yang harus dilakukan baik dilakukan sebelum pelayaran maupun dalam perjalanan hingga mencapai tujuan. Apabila Kamu berencana menjadi seorang Nakhoda, maka pahami dahulu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang Nakhoda berikut ini:

1. Memastikan Kapal Dalam Kondisi Aman Dan Layak

Sebelum pelayaran, Nakhoda harus mengecek keadaan kapal terlebih dahulu. Mulai dari memastikan keamanan keadaan, kesehatan mesin, dan kelayakan kapal untuk melakukan pelayaran.

2. Melaporkan Semua Kecelakaan/Insiden Yang Terjadi Di Kapal

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Nakhoda Sebagai Pilihan Karir

Setiap kecelakaan yang terjadi pada kapal atau adanya insiden yang terjadi, baik terhadap kru kapal atau penumpang harus diketahui Nakhoda dan dilaporkan ke dalam laporan perjalanan atau langsung ke pusat kendali.

3. Bertanggung Jawab Atas Kinerja Awak Kapal Selama Perjalanan

Nakhoda adalah pemimpin utama di kapal sehingga semua kinerja awak kapal selama perjalanan akan menjadi tanggung jawab Nakhoda. Semua kesalahan awak kapal akan dipertanggungjawabkan oleh awak tersebut dan Nakhoda.

4. Bertanggung Jawab Atas Pemeliharaan Kapal

Bukan hanya terhadap kru atau penumpang. Nakhoda juga memiliki tanggung jawab besar untuk memelihara kondisi kapal. Baik perawatan mesin, rangka kapal, atau segala fasilitas di dalam kapal tersebut.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Nakhoda

5. Memastikan Operasi Sesuai Hukum Dan Peraturan Yang Berlaku

Tugas Nakhoda lainnya adalah memastikan setiap tindakan operasional yang dilakukan di atas kapal telah memenuhi SOP dan ketentuan hukum yang berlaku.

6. Menciptakan Suasana Menyenangkan Di Atas Kapal

Menjaga ketenangan dan kenyamanan penumpang di atas kapal juga masuk ke ranah tanggung jawab seorang Nakhoda.

7. Menjaga Hubungan Baik Dengan Penumpang Dan Awak Kapal

Seorang Nakhoda juga memiliki tugas untuk selalu menjaga hubungan baik dengan awak kapal maupun penumpang. Seorang Nakhoda harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya maupun penumpang di dalam kapal selama perjalanan.

Baca Juga:  Apa Itu Nakhoda? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Nakhoda

8. Sebagai Penegak Hukum

Nakhoda akan bertindak sebagai penegak hukum ketika terjadi tindakan kriminal di atas kapal. Baik tindakan kriminal kecil maupun besar sehingga seorang Nakhoda harus memahami tentang hukum yang berlaku.

9. Sebagai Pegawai Pencatatan Sipil

Selain menjadi penegak hukum, Nakhoda juga akan bertindak sebagai pegawai pencatatan sipil. Apabila terjadi pernikahan, kelahiran, atau kejadian lain yang membutuhkan tugas seorang catatan sipil, maka Nakhoda dapat melakukannya dan tindakan tersebut dianggap sah di mata hukum.

10. Sebagai Notaris

Berbagai surat pengesahan yang berhubungan dengan tindakan hukum, misalnya adanya penandatanganan kerjasama, maka Nakhoda juga dapat bertindak sebagai seorang notaris. Semua surat-surat hukum yang Nakhoda tanda tangani di atas kapal akan memiliki kekuatan hukum di mana saja dalam wilayah hukum yang sah.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Nakhoda Yang Bisa Kamu Coba Sebagai Referensi

Tanggung jawab seorang Nakhoda ternyata begitu besar, bukan hanya sebagai pengendali kapal saja. Namun, juga bertanggung jawab dengan keselamatan penumpang, perbaikan kapal, menjadi penegak hukum hingga notaris. Dengan mengetahui tugas Nakhoda ini, Kamu bisa belajar untuk memahami tanggung jawab seorang notaris dan mempersiapkan diri lebih baik.