Skill Yang Harus Dimiliki Nakhoda

Image: canva.com

10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Nakhoda

Menjadi seorang Nakhoda tidaklah mudah, ada skill yang harus dimiliki Nakhoda Nakhoda. Peran Nakhoda memanglah sangat penting karena menjadi kepala dari sebuah kapal. Oleh sebab itu, seorang Nakhoda harus memiliki berbagai skill berikut ini:

1. Memiliki Kekuatan Fisik Dan Mental

Seorang Nakhoda adalah pekerjaan yang sulit dan berat dengan tanggung jawab besar. Oleh sebab itu, menjadi seorang Nakhoda harus memiliki fisik yang kuat. Selain itu, harus juga memiliki mental kuat karena akan menghadapi masalah sulit.

2. Mampu Untuk Memimpin

Nakhoda adalah seorang pemimpin di kapal sehingga harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Jika Kamu ingin menjadi seorang Nakhoda sikap kepemimpinan untuk dapat berkarir dalam jenis pekerjaan ini.

3. Mampu Bekerja Sama Dengan Tim

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Nakhoda Sebagai Pilihan Karir

Seorang Nakhoda tidak akan bekerja seorang diri sehingga harus mampu bekerja dalam tim untuk melakukan koordinasi dan mekanik dalam mengoperasikan dan memperbaiki kapal.

4. Memiliki Kemampuan Mengoperasikan Kapal

Kamu juga harus memiliki kemampuan mengoperasikan kapal yang didapatkan dari pendidikan juga pengalaman. Apabila ingin menjadi seorang Nakhoda harus mempelajari dengan baik mengenai mesin juga cara mengoperasikan kapal sehingga dapat memimpin kapal dengan baik.

5. Memiliki Kemampuan Memperbaiki Kapal Dan Peralatan Kapal

Skill yang harus dimiliki Nakhoda lainnya adalah harus mampu memperbaiki kapal. Paling tidak, Kamu harus mengetahui teori dan belajar praktik memperbaiki kapal. Baik masalah mesin atau perbaikan bagian kapal lainnya, baik kerusakan kecil maupun besar.

Baca Juga:  10 Tugas Nakhoda Yang Perlu Kamu Pahami

6. Memiliki Keterampilan Komunikasi Dan Interpersonal Yang Baik

Selain memiliki pendidikan teori mengenai pengoperasian dan perbaikan kapal, Kamu juga harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal diri yang baik. Hal ini diperlukan karena seorang Nakhoda tidak hanya akan bekerja sendiri, tapi bersama orang lain. Bahkan seringkali juga harus berhadapan dengan penumpang.

7. Mengetahui Hukum Laut Dan Pelayaran

Nakhoda memiliki kuasa tertinggi ketika berada di atas kapal. Menjadi tugas Nakhoda untuk menegakkan peraturan hukum di kapal sehingga harus mengerti dan memahami hukum laut dan pelayaran.

8. Mampu Menyelesaikan Masalah

Kemampuan menyelesaikan masalah adalah skill penting yang harus dimiliki Nakhoda. Sebab sudah menjadi tanggung jawab seorang Nakhoda dalam memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang ketika berada di atas kapal.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Nakhoda Yang Bisa Kamu Coba Sebagai Referensi

9. Memiliki Kemampuan Dalam Mengambil Keputusan Darurat

Dalam perjalanan seringkali menghadapi kondisi darurat dan memerlukan keputusan cepat. Di masa seperti ini, Nakhodalah yang harus membuat keputusan. Jadi, sangat jelas apabila kemampuan pengambilan keputusan terbaik dalam keadaan darurat merupakan skill wajib bagi Nakhoda.

10. Memiliki Pengetahuan Tentang Kesehatan Dan Keselamatan

Kemampuan lain yang harus dimiliki adalah pengetahuan kesehatan serta keselamatan. Hal ini sangat beralasan karena terkadang Nakhoda harus menghadapi berbagai kondisi tidak terduga saat menjalankan tugas.

Bisa dikatakan menjadi Nakhoda harus memiliki skill beragam. Jika Kamu berkeinginan menjadi Nakhoda, maka latih diri dan kembangkan skill yang harus dimiliki Nakhoda mulai dari sekarang.