Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

Kuliah di luar negeri bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Kamu bisa meningkatkan wawasan dan pengalaman kalau merantau ke negeri orang. Namun, ada berbagai pertimbangan yang harus Kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, misalnya biaya kuliah selangit. Oleh sebab itu, Kamu bisa mencoba memilih kuliah lokal dengan pertimbangan 10 alasan memilih kuliah di dalam negeri berikut ini.

1. Biaya Kuliah

Alasan pertama memilih kuliah di dalam negeri karena biaya yang lebih terjangkau. Siapa yang tak mengetahui bahwa biaya kuliah di luar negeri lumayan mahal. Kalau Kamu tidak terlahir dari keluarga kaya atau mendapatkan beasiswa, kuliah di luar negeri sangat membebani finansial orangtua.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

2. Memiliki Kualitas Yang Baik

Ada banyak universitas atau instansi pendidikan di Indonesia yang memiliki rekam jejak bagus. Coba saja cek kualitas lulusan yang dihasilkan universitas ternama di Indonesia yang memiliki kredibilitas bagus.

3. Memiliki Jurusan Yang Lebih Luas

Kalau Kamu berniat kuliah di dalam negeri, ada banyak jurusan yang bisa Kamu pilih sesuai passion. Kamu bisa masuk jurusan Kedokteran, Ekonomi, Farmasi, Kelautan, dan lain-lain.

4. Memiliki Banyak Pilihan Proses Seleksi Masuk Kuliah

Rata-rata universitas atau institusi pendidikan di Indonesia memiliki program seleksi yang beragam. Ada seleksi undangan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi, tes dan jalur mandiri. Kalau Kamu tidak lolos salah satu seleksi, bisa memilih seleksi yang lain. Setidaknya kesempatan kuliah di universitas yang diinginkan masih sangat besar.

Baca Juga:  10 Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia Bagi Para Calon Mahasiswa

5. Memiliki Kesempatan Kerja Yang Lebih Potensial

Di Indonesia, Kamu bisa memilih jurusan yang memiliki jenjang karir bagus setelah lulus kuliah. Sebagai negara yang memiliki SDA potensial, Kamu bisa memilih jurusan yang bisa mengembangkan SDA Indonesia kelak. Misalnya Kamu mengambil jurusan Kelautan, Pertanian dan lain-lain.

6. Memiliki Lingkup Pergaulan Luas

Alasan memilih kuliah di dalam negeri bisa mengembangkan jaringan dan relasi Kamu. Lingkup pergaulan luas sebab Kamu bisa berteman dengan siapa saja yang mungkin berasal dari luar daerah. Kamu bisa memiliki teman dari seluruh penjuru Indonesia kalau kuliah di universitas lokal yang ternama, misalnya UI, UGM, ITB, ITS, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

7. Bisa Mencoba Pengalaman Bekerja Sambil Kuliah

Kesempatan magang atau bekerja paruh waktu yang tidak mengganggu prioritas kuliah Kamu masih terbuka lebar. Di tempat perantauan, Kamu tetap bisa mencoba mengembangkan diri dengan mencoba wirausaha atau kerja sampingan.

8. Cocok Untuk Mahasiswa Yang Homesick

Homesick atau perasaan yang selalu rindu rumah sangat membebani kehidupan Kamu di luar negeri. Bagi mahasiswa yang tidak bisa jauh dari keluarga, sebaiknya pertimbangkan kuliah di dalam negeri saja. Kamu bisa pulang kapan saja, lho!

9. Culture Shock

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau Kamu tipe orang yang sulit beradaptasi dengan budaya orang lain di luar negeri, sebaiknya pertimbangkan kuliah di dalam negeri, deh! Pasalnya, Kamu bisa merasa lebih nyaman dan bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik.

10. Peluang Kuliah Di Luar Negeri

Meskipun kuliah di dalam negeri, Kamu tetap punya peluang kuliah di luar negeri setelah lulus sarjana. Siapa tahu Kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri karena memiliki prestasi.

Nah, apakah Kamu masih ragu setelah membaca ulasan 10 alasan memilih kuliah di dalam negeri?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *