Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia

Image: canva.com

10 Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia Bagi Para Calon Mahasiswa

Kamu yang sedang kebingungan memilih lokasi kuliah mungkin dilema karena di satu sisi Kamu ingin dekat orang tua, di sisi lain Kamu harus mengejar cita-cita. Nah, di ulasan berikut ini, Kamu akan menyimak tentang 10 kota tujuan kuliah di Indonesia. Yuk, disimak ulasannya!

1. Kota Surakarta (Solo)

Pilihan pertama yang bisa Kamu pertimbangkan untuk kuliah adalah Solo. Kota dengan kearifan lokal yang masih sangat kental ini juga merupakan kota kelahiran Presiden Joko Widodo lho. Selain memang dikenal dengan biaya hidupnya yang murah, Solo juga dikenal dengan banyaknya kampus ternama, sebut saja Universitas Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia Solo, hingga Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

2. Kota Surabaya

Sebagai kota terbesar nomor dua di Indonesia, Surabaya juga wajib masuk dalam daftar kota tujuan kuliah di Indonesia. Pasalnya, banyak kampus terbaik di Indonesia, bahkan jajaran kampus terbaik dunia, ada di Surabaya. Sebut saja Institut Sepuluh November Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, hingga Universitas Kristen Petra.

3. Kota Bandung

Siapa yang tidak kenal Institut Teknologi Bandung? Tidak hanya kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Terbaik dunia ini, disana Kamu juga bisa jalan-jalan sembari belajar karena Bandung juga gudangnya wisata.

4. Kota Jakarta

Menyebut daftar kota tujuan kuliah di Indonesia, Kamu juga harus menyebut Jakarta. Pasalnya, Ibukota Indonesia ini juga memiliki deretan kampus terbaik dan juga termahal di Indonesia, sebut saja Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Universitas Negeri Jakarta, hingga Universitas Pelita Harapan dan UIN Syarif Hidayatullah.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Kota Bogor

Kota hujan satu ini juga menjadi tujuan pelajar menempuh jenjang S1 mereka. Biasanya, mereka yang sangat berminat pada agrofarm akan masuk ke Institut Pertanian Bogor dimana memang dikenal telah mencetak banyak calon insinyur pertanian terbaik di Indonesia.

6. Kota Jogjakarta

Dinamai sebagai Kota Pelajar, maka tidak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama para mahasiswa luar daerah yang ingin menimba ilmu. Ibarat kata, Jogja adalah paket lengkap. Selain memiliki kampus top nasional, biaya hidup disana juga sangat murah.

7. Kota Semarang

Jika Kamu ingin bisa kuliah dan juga bisa bayar biaya kos murah, maka datang saja ke Semarang. Selain Kamu bisa hidup hemat, belajarmu di sana akan terjamin karena Kamu bisa masuk ke Universitas Diponegoro dimana tidak sembarang anak yang bisa lolos seleksi disana.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

8. Kota Padang

Bukan hanya di Pulau Jawa saja, kota tujuan kuliah juga ada di luar Jawa. Padang adalah salah satunya. Disana, Kamu bisa masuk ke Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, atau bisa juga ke Politeknik Negeri Padang.

9. Kota Makassar

Nah, di luar Jawa juga ada Kota Makassar yang bisa untuk tujuan kuliah. Biasanya, mereka akan masuk ke Universitas Hasanuddin. Sayangnya, mahasiswa dari Jawa memang butuh biaya hidup yang banyak. Namun Kamu jangan patah arang. Mahalnya biaya hidup bisa Kamu siasati dengan mengikuti beasiswa.

10. Kota Bali

Siapa sangka, selain menjadi tempat pariwisata dunia, Bali juga menjadi tempat menimba ilmu terbaik. Sebut saja ada Universitas Udayana dan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Demikian ulasan tentang 10 kota tujuan kuliah di Indonesia. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *