Keuntungan Kuliah Di Dalam Negeri

Image: canva.com

10 Keuntungan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah lulus dari bangku SMA atau sederajat, Kamu pasti bingung mempertimbangkan untuk kuliah di mana. Mau kuliah di universitas negeri atau swasta, dalam kota atau luar kota hingga lokal atau mancanegara, Kamu pasti memiliki keinginan tersendiri. Kalau Kamu masih ragu dan belum memiliki pilihan tempat kuliah, sebaiknya pertimbangkan 10 keuntungan kuliah di dalam negeri berikut ini.

1. Hemat Biaya Kuliah

Alasan pertama yang membuat Kamu wajib kuliah di dalam negeri adalah biaya kuliah yang terjangkau. Coba cari informasi biaya kuliah di universitas yang Kamu inginkan di dalam negeri yang tak kalah bagus dengan universitas luar negeri.

Baca Juga:  10 Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia Bagi Para Calon Mahasiswa

2. Memiliki Teman Baru Dari Seluruh Indonesia

Kalau Kamu kuliah di dalam negeri, Kamu tetap memiliki kesempatan bertemu dengan teman-teman baru dari seluruh Indonesia. Apalagi Kamu kuliah di kota besar yang menjadi tujuan mahasiswa lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Malang, dan lainnya.

3. Adaptasi Lingkungan Baru Lebih Mudah

Kuliah di Jogja mungkin memberikan pengalaman baru untuk Kamu yang berasal dari luar pulau Jawa. Tenang saja, Kamu bakal beradaptasi dengan mudah, kok. Meskipun belum bisa bahasa daerah, Kamu tetap bisa menggunakan bahasa nasional.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Bisa Mempertahankan Tradisi Kampus

Setiap kampus pasti memiliki tradisi masing-masing yang terjaga sejak jaman dahulu hingga sekarang. Kamu memiliki kesempatan untuk mempertahankan tradisi kampus selama empat tahun kuliah nanti.

5. Memiliki Lebih Banyak Waktu Untuk Magang Atau Bekerja Paruh Waktu

Mau menjadi mahasiswa kupu-kupu atau kura-kura memang tergantung pilihan Kamu. Namun, keuntungan kuliah di dalam negeri memberikan kesempatan untuk Kamu mengikuti program magang atau kerja paruh waktu di sela masa kuliah.

6. Memiliki Potensi Masa Depan Cerah

Jika Kamu memang menginginkan bekerja di dalam negeri saja kelak, Kamu bisa kuliah di tempat lokal saja. Setidaknya Kamu bisa membangun relasi dan jaringan sejak masuk kuliah.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

7. Kesempatan Kerja Lebih Terbuka

Kuliah di dalam negeri tetap bisa menghasilkan lulusan yang luar biasa, kok. Kamu mendapatkan kesempatan kerja lebih terbuka dibandingkan lulusan luar negeri. Bisa jadi lulusan luar negeri mengharapkan gaji tinggi yang tidak sebanding dengan kapasitas perusahaan dalam membayar gaji karyawan.

8. Memiliki Banyak Waktu Untuk Traveling

Kalau Kamu ingin mengenal potensi wisata di Indonesia, kuliah di dalam negeri memberikan kesempatan untuk traveling. Toh, Kamu juga tidak kehilangan kesempatan untuk liburan ke luar negeri selama dana mencukupi dan tidak mengganggu jadwal kuliah Kamu.

Baca Juga:  10 Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia Bagi Para Calon Mahasiswa

9. Menjadikan Kamu Lebih Mandiri Dan Bertanggung Jawab

Ada keuntungan yang ditawarkan untuk Kamu yang kuliah di dalam negeri dan jauh dari orangtua, misalnya kuliah ke luar kota. Kamu akan menjadi pribadi lebih mandiri dan bertanggung jawab pada semua prioritas yang telah ditentukan sejak masuk kuliah.

10. Bisa Pulang Kampung Kapan Saja

Asyiknya kuliah di dalam negeri adalah memberikan Kamu lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Kalau Kamu kuliah di luar kota yang tak jauh dari domisili, bisa pulang kampung kapan saja. Kamu tetap bisa menikmati mudik saat hari raya tiba, bukan?

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

Apakah Kamu sudah memiliki pilihan setelah membaca ulasan 10 keuntungan kuliah di dalam negeri di atas?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *