Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri

Image: canva.com

10 Kekurangan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Indonesia memiliki beberapa universitas ternama yang menjadi tujuan seluruh calon mahasiswa dari daerah. Ranking universitas yang memiliki rekam jejak terbaik memang patut diacungi jempol berdasarkan World University Rankings. Namun, apakah Kamu benar-benar ingin kuliah di dalam negeri? Berikut 10 kekurangan kuliah di dalam negeri yang bisa Kamu jadikan pertimbangan.

1. Kualitas Kampus Kurang Memadai

Alasan utama kenapa Kamu harus kuliah di luar negeri karena kualitas kampus di Indonesia kurang memadai. Kekurangan kuliah di dalam negeri bisa Kamu rasakan dengan kondisi bangunan yang kurang layak, fasilitas WiFI yang kurang lancar, peralatan dan perlengkapan belajar yang perlu diperbaiki, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Dalam Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

2. Pengalaman Hidup Kurang

Selama Kamu masih muda dan sehat, kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru? Kamu bisa merasakan banyak pengalaman di negeri orang baik suka atau duka.

3. Tidak Bisa Merasakan Kuliah Di Universitas Luar Negeri

Bagaimana rasanya kuliah di universitas luar negeri? Kesempatan untuk belajar etos dan profesionalitas masyarakat luar negeri tidak bisa Kamu rasakan jika memilih kuliah di dalam negeri.

4. Tidak Bisa Meningkatkan Sikap Mandiri

Jika kuliah di luar negeri, Kamu bisa memiliki sikap yang mandiri. Segala sesuatu harus Kamu urus sendiri sebab jauh dari orangtua. Di negara orang, Kamu juga harus pandai mengatur finansial bulanan mengingat biaya hidup dan kuliah di luar negeri cukup mahal.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

5. Kurang Dewasa

Mungkin Kamu memilih kuliah di dalam negeri atau kota asal sehingga Kamu masih tinggal dengan orangtua. Kepribadian kurang dewasa dalam menghadapi masalah sendiri bisa saja terjadi. Hal ini disebabkan oleh Kamu terbiasa berada di lingkungan keluarga dekat.

6. Tidak Memiliki Kesempatan Bertemu Orang Baru Dari Seluruh Penjuru Dunia

Ya, Kamu bisa bertemu banyak orang dari seluruh dunia kalau memilih kuliah di kampus ternama yang ada di dunia.

7. Tidak Memiliki Jaringan Internasional

Baca Juga:  10 Kota Tujuan Kuliah Di Indonesia Bagi Para Calon Mahasiswa

Membangun jaringan internasional bisa dimulai sejak Kamu kuliah di kampus luar negeri. Tentu Kamu masih bisa mengembangkan jaringan internasional selama kuliah di Indonesia, tapi kesempatan tidak seterbuka kalau Kamu kuliah di luar negeri.

8. Kurang Kesempatan Bertemu Para Ahli

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memang kekurangan tenaga pengajar setingkat profesor. Kekurangan kuliah di dalam negeri mungkin menghambat kesempatan Kamu bertemu para ahli di negara lain yang telah terbukti kualitasnya.

9. Kesempatan Belajar Bahasa Asing Minim

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Dalam Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

Kamu mungkin bisa memilih kursus di tempat les bahasa Inggris, namun mencoba praktik langsung bahasa Inggris sebagai komunikasi harian pasti terbatas. Kecuali Kamu memang mengambil jurusan bahasa asing di kampus.

10. Tidak Memiliki Kesempatan Belajar Kultur Negara Lain

Memilih kuliah di universitas lokal mungkin membuat Kamu tidak punya kesempatan belajar kultur dan budaya di negara lain.

Apakah Kamu masih ingin kuliah lokal dengan pertimbangan 10 kekurangan kuliah di dalam negeri di atas?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *