Alasan Memilih Kuliah Di Luar Negeri

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Luar Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

Mau kuliah di luar negeri atau dalam negeri, Kamu pasti bingung memilih mana yang terbaik. Selain berkonsultasi dengan orangtua dan guru pembimbing, ada baiknya Kamu mempertimbangkan 10 alasan memilih kuliah di luar negeri berikut ini.

1. Wawasan Dan Pengalaman Baru

Alasan kuliah di luar negeri karena Kamu bisa mempelajari banyak hal baru di bidang ilmu pengetahuan. Setidaknya Kamu memiliki kesempatan untuk belajar pada ahlinya di kampus yang berkualitas.

2. Bisa Belajar Budaya Dan Pergaulan Baru

Tinggal di negara orang memang memaksa Kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan. Namun, Kamu bisa belajar budaya dan pergaulan di negara tujuan sehingga perspektif berpikir bisa lebih luas.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Kesempatan Mendapatkan Beasiswa

Jika Kamu berangkat dengan biaya sendiri, Kamu tetap bisa mendapatkan kesempatan meraih beasiswa. Memang aturan beasiswa di luar negeri cukup ketat, namun bukan berarti Kamu tidak bisa bersaing dengan mahasiswa dari seluruh dunia lain.

4. Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Mandiri

Kalau Kamu tipe orang yang selalu mengandalkan orang lain termasuk keluarga, coba deh kuliah di luar negeri. Alasan memilih kuliah di luar negeri karena Kamu ingin belajar hidup mandiri. Di negara orang lain, Kamu harus bertanggung jawab dengan diri sendiri agar tidak mengecewakan keluarga di rumah.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Bisa Menambah Kedewasaan

Kuliah di luar negeri tentu memberikan banyak hal baru yang tidak biasa Kamu alami. Namun, kuliah di luar negeri bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kedewasaan Kamu. Kamu akan memiliki pertimbangan matang dalam mengambil keputusan pada setiap masalah yang mendera.

6. Bisa Memiliki Teman Dari Seluruh Dunia

Komunitas global bisa menjadi alasan kuat kenapa Kamu harus kuliah di luar negeri. Link internasional bisa membawa Kamu memiliki karir lebih cemerlang.

7. Bisa Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu tidak pandai berbahasa asing selama ini? Mungkin alasan itu pula yang mendasari keputusan Kamu untuk kuliah di luar negeri. Kamu bisa belajar berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan bahasa asing sehari-hari. Dijamin kemampuan bahasa asing Kamu bakal meningkat lebih pesat.

8. Prospek Karir Yang Cemerlang

Lulusan luar negeri yang kredibel terbukti memiliki integritas kuat, komitmen, kepercayaan diri, dan profesional. Etos kerja masyarakat luar negeri akan mengembangkan diri Kamu menjadi pribadi yang dibutuhkan di era global. Prospek karir cemerlang baik di luar atau dalam negeri semakin terbuka lebar.

Baca Juga:  10 Kekurangan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

9. Kesempatan Traveling Ke Seluruh Dunia

Kamu bisa memiliki kesempatan traveling keliling dunia saat belajar di negara orang. Kesempatan mengeksplor tempat wisata, kuliner atau budaya di negara tujuan pendidikan Kamu semakin besar.

10. Meningkatkan Jiwa Nasionalisme

Kuliah di luar negeri bisa meningkatkan jiwa nasionalisme seseorang. Kok, bisa? Ya, Kamu akan memiliki perspektif berbeda mengenai Indonesia. Kamu akan bersyukur lahir di negara Indonesia yang memiliki budaya beragam, kuliner, alam, sejarah, dan lain-lain. Jiwa nasionalisme dalam dirimu akan meningkat sehingga rasa cinta tanah air bisa semakin besar.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, 10 alasan memilih kuliah di luar negeri di atas bisa memberikan pertimbangan untuk Kamu yang masih ragu hendak melanjutkan pendidikan tinggi. Selama ada motivasi dan niat yang kuat, Kamu bisa kuliah di luar negeri dengan lancar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *