Kekurangan Kuliah Di Luar Negeri

Image: canva.com

10 Kekurangan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

Mau kuliah di Oxford atau Harvard University, Kamu wajib memiliki kualifikasi yang ditentukan kampus. Mengingat kampus ternama memiliki jutaan calon mahasiswa dari seluruh penjuru dunia yang berminat melanjutkan kuliah. Selain akademik, kemampuan finansial harus memadai agar Kamu bisa menyelesaikan pendidikan di luar negeri dengan baik. Kalau Kamu masih ragu mau kuliah di mana, pertimbangkan 10 kekurangan kuliah di luar negeri berikut ini.

1. Biaya Mahal

Kekurangan kuliah beda negara adalah biaya pendidikan yang cukup mahal. Anda harus merogoh kocek yang dalam untuk biaya kuliah, biaya hidup, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Luar Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

2. Sulit Beradaptasi Dengan Budaya Di Negara Lain

Culture shock bisa saja terjadi kalau Kamu merupakan tipe orang yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Budaya di negara orang jelas berbeda dengan negara sendiri. Jadi, pastikan Kamu memang siap belajar budaya dan tradisi di negara lain, ya!

3. Sulit Menemukan Makanan Halal Atau Menjalankan Ibadah Tepat Waktu

Sebenarnya kekurangan kuliah di luar negeri tergantung dengan negara yang Kamu incar. Kalau kuliah di luar negeri, Kamu memang harus siap kesulitan menemukan makanan halal atau menjalankan ibadah tepat waktu bagi muslim.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Kesulitan Berkomunikasi

Bagi mahasiswa yang sulit berkomunikasi dengan bahasa asing, kuliah di luar negeri bisa memberikan nilai positif dan negatif. Kamu bisa belajar bahasa asing lebih intens, tetapi mahasiswa yang kurang mahir komunikasi bisa mengalami kesulitan menemukan teman atau menerima materi di tempat kuliah.

5. Terpisah Jauh Dari Keluarga

Bagi orang yang dekat dengan orangtua dan keluarga, terpisah jarak yang cukup jauh bisa menghadirkan suasana homesick. Saat fokus kuliah, Kamu tentu tidak bisa pulang ke kampung halaman sesuka hati. Bisa jadi Kamu akan menghabiskan masa lebaran di negara orang karena jadwal kuliah yang tidak bisa diganggu gugat.

Baca Juga:  10 Keuntungan Kuliah Di Luar Negeri Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Sulit Membangun Relasi Di Kampung Halaman

Kekurangan kuliah di luar negeri bagi Kamu yang telah terbiasa dengan kehidupan di sana adalah sulit membangun relasi dengan masyarakat di kampung halaman. Kamu bisa melewatkan banyak hal yang terjadi di negara sendiri.

7. Bisa Terpengaruh Pemikiran Luar

Sebenarnya poin seseorang bisa terpengaruh pemikiran luar tergantung dengan diri masing-masing. Namun, dampak negatif pemikiran atau pergaulan ala barat yang lebih bebas bisa saja terjadi. Kamu harus berinteraksi dan berteman dengan orang-orang yang tepat agar tidak kebablasan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Luar Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

8. Aturan Beasiswa Cukup Ketat

Kalau Kamu kuliah di luar negeri dengan program beasiswa, pastikan menjaga nilai akademik sesuai dengan ketentuan. Pasalnya, aturan beasiswa di luar negeri cukup ketat termasuk keputusan kampus untuk melakukan pemutusan beasiswa karena kapasitas Kamu tidak lagi sesuai ketentuan. Bisa saja Kamu tidak bisa menyelesaikan pendidikan di luar negeri.

9. Sulit Mengurus Dokumen Penting

Hal ini berlaku untuk Kamu yang hendak melamar pekerjaan sebagai PNS di Indonesia. Ada beberapa kampus luar negeri yang belum diakui oleh Kemenristekdikti dan BAN-PT sehingga Kamu akan sulit mengurus dokumen penting yang dibutuhkan nanti.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Luar Negeri Bagi Yang Masih Bimbang

10. Kesempatan Kerja Di Luar Negeri Terbatas

Kalau Kamu memiliki skill mumpuni, bisa saja melakoni dua pekerjaan sekaligus yaitu belajar dan kerja sampingan. Namun, Kamu yang agak kesulitan menjalani rutinitas di kampus luar negeri, maka kesempatan magang atau bekerja paruh waktu sangat mustahil bisa dilakukan.

Itulah 10 kekurangan kuliah di luar negeri yang wajib Kamu pertimbangkan, ya! Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu yang sedang mempertimbangan kuliah di luar negeri.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *