Contoh Soal-Soal Ujian SBMPTN

Image: canva.com

Contoh Soal-Soal Ujian SBMPTN Yang Sering Muncul Dan Perlu Dipelajari

Menaklukkan soal-soal ujian SBMPTN bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Justru soal-soal yang akan Kamu temui di SBMPTN merupakan soal-soal terbaik yang mungkin bersifat menjebak. Oleh karena itu, jika ingin lolos SBMPTN dan diterima di universitas negeri terbaik di Indonesia, Kamu harus belajar dengan giat.

SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan berdasarkan tes tertulis. Kamu akan menghadpai soal-soal ujian dan harus memilih jawaban yang tepat. Skor yang Kamu dapatkan dari ujian SBMPTN ini akan berpengaruh pada diterima atau tidaknya Kamu di perguruan tinggi negeri yang Kamu inginkan.

Memang tidak mudah untuk lolos SBMPTN dan diterima di perguruan tinggi negeri terbaik. Namun, bukan berarti hal ini mustahil untuk Kamu dapatkan. Jika Kamu mempersiapkan ujian dengan baik, besar kemungkinan bagimu untuk bisa lolos tes. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan banyak latihan soal SBMPTN.

Baca Juga :  Contoh Soal SBMPTN SOSHUM Wajib Kamu Pelajari

Contoh Soal SBMPTN

Berlatih banyak soal akan sangat membantu Kamu untuk mengasah kemampuan menghadapi ujian SBMPTN yang sesungguhnya. Ada tiga jenis soal SBMPTN yang harus Kamu kerjakan yaitu soal pilihan ganda, soal sebab-akibat, dan soal benar-salah. Setiap kategori soal menawarkan kesulitan yang berbeda-beda untuk ditaklukkan.

Berikut adalah beberapa contoh soal-soal ujian SBMPTN yang biasanya keluar dan wajib untuk Kamu pelajari:

1. Soal TPA

Kamu akan menghadapi soal-soal TPA atau tes potensi akademik sebagai bagian dari tes SBMPTN. Kategori soal TPA terbagi menjadi beberapa bagian seperti TPA aritmatika, verbal, pola barisan, logika analitik, logika proposisi, pola gambar, dan diagram Venn.

Baca Juga :  Materi SBMPTN SAINTEK Yang Sering Muncul Dan Wajib Kamu Pelajari

Soal TPA merupakan jenis soal yang akan selalu ada dalam seleksi SBMPTN. Entah jurusan apa yang akan Kamu ambil dan kategori apa yang Kamu ikuti apakah IPA maupun IPS, Kamu akan tetap menghadapi ujian TPA. Meskipun kelihatan sederhana namun ujian TPA cukup sulit dan biasanya menjebak.

2. Soal Pengetahuan Umum

Selanjutnya Kamu akan dihadapkan pada soal pengetahuan umum. Jenis soal ini juga akan dihadapi oleh semua peserta ujian tak peduli program IPA maupun IPS. Biasanya Kamu akan dihadapkan pada soal-soal mengenai kenegaraan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengetahuan umum.

3. Soal Bidang Studi

Berikunya Kamu harus menghadapi soal-soal bidang studi yang bisa dikatakan inti dari ujian SBMPTN. Kamu akan diminta untuk mengerjakan soal-soal dengan kategori bidang studi yang berbeda-beda. Jenis soal ini akan disesuaikan dengan kategori jurusan yang Kamu pilih, apakah IPA atau IPS.

Baca Juga :  Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UNY 2019 Jenjang D3, S1, S2 & S3

Itulah tadi beberapa contoh gambaran soal-soal ujian SBMPTN yang akan Kamu hadapi. Sebenarnya, apapun soal yang akan keluar di ujian tidak akan menjadi masalah jika Kamu mempersiapkan diri dengan baik. Oleh karena itu, belajarlah dengan rajin supaya Kamu siap menghadapi jenis soal apapun pada tes SBMPTN.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *