Contoh Soal SBMPTN SOSHUM

Image: canva.com

Contoh Soal SBMPTN SOSHUM Wajib Kamu Pelajari

Untuk tes SBMPTN pelaksanaan setiap tahunnya dibagi menjadi tiga jenis yaitu IPA, IPS, dan IPC. Namun untuk para peserta dari ketiga jenis tes itu tetap harus mengerjakan tes potensi akademik (TPA) dan juga tes kemampuan dasar yang terdiri dari mata pelajaran matematika dasar, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. Pada kali ini akan diberikan informasi mengenai contoh soal SBMPTN SOSHUM.

Tes SBMPTN sesuai dengan jurusan yang dipilih

Tentunya tes SBMPTN IPA ditujukan untuk peserta yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah jurusan IPA, begitu pula dengan tes SBMPTN IPS. Nah, untuk IPC adalah campuran dari keduanya.

Untuk Kamu yang mempunyai keinginan mengikuti tes SBMPTN IPS atau TPC tentu penasaran mengenai kisi-kisi contoh soal SBMPTN SOSHUM. Ini dia informasinya agar Kamu lebih mengerti :

Baca Juga :  Jenis Soal SBMPTN Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Tes

Terdiri Dari 4 Mata Pelajaran

Contoh soal SBMPTN SOSHUM yang muncul dari tahun ke tahun sebenarnya tidak begitu berbeda. Kisi-kisi yang digunakan juga cenderung sama. Misalnya, untuk SBMPTN kelompok IPS tahun lalu, Kamu harus mengerjakan soal soshum yang terdiri dari mata pelajaran Sosiologi, ekonomi, sejarah, dan Geografi.

1. Geografi
Pada mata pelajaran Geografi, materi yang sering muncul pada kisi-kisi yaitu lingkup kajian Geografi dan peta, hidrosfer, litosfer, jagat raya, cuaca dan iklim, pengindaraan jauh dan SIG, biosfer, antroposfer, konsep wilayah dan interaksi wilayah, serta Geografi regional.

2. Sejarah

Sedangkan untuk pelajaran Sejarah, jumlah kisi-kisinya lebih banyak dibandingkan mata pelajaran Geografi. Agar Kamu bisa mengerjakan contoh soal SBMPTN SOSHUM pada mata pelajaran Sejarah, Kamu perlu mempelajari materi prinsip dan dasar penelitian sejarah, zaman pra sejarah, dan zaman kolonial.

Baca Juga :  Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UNY 2019 Jenjang D3, S1, S2 & S3

Selain itu juga termasuk perkembangan kerajaan Hindu Budha, pergerakan nasional Indonesia, perkembangan sosial, budaya, dan politik, zaman kependudukan Jepang di Indonesia, zaman kemerdekaan pada tahun 1945 hingga 1949, sejarah dunia, peristiwa mutakhir dunia, dan demokrasi terpimpin, orde baru, serta reformasi.

3. Sosiologi
Sedangkan untuk mata pelajaran Sosiologi, materi yang perlu dikuasai untuk menghadapi tes SBMPTN diantaranya; kelompok sosial, konflik dan integrasi, interaksi sosial, masyarakat multikultural, penyimpangan sosial, mobilitas sosial, sosialisasi, perubahan sosial, struktur sosial, dan penelitian sosial budaya.

Soal-soal Sosiologi nantinya menjadi salah satu yang sifatnya mudah karena materi mata pelajaran tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari.

4. Ekonomi
Mata pelajaran Ekonomi lah yang akan menghabiskan banyak waktu karena di dalamnya terdapat soal dengan jenis hitungan. Jumlah kisi-kisinya juga yang paling banyak yaitu badan usaha dan koperasi, akuntansi, biaya produksi, kegiatan ekonomi, kebijakan fiskal, dan konsep dasar ilmu Ekonomi.

Baca Juga :  10 Tips Lolos SBMPTN Buat Kamu Yang Mau Kuliah Tahun 2019

Ada pula tentang mekanisme pasar, perdagangan internasional, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, perkembangan teori ekonomi, struktur pasar, teori determinasi pendapatan nasional, dan kebijakan moneter.

Demikian informasi mengenai kisi-kisi contoh soal SBMPTN SOSHUM. Tentunya jika Kamu sudah mengetahui kisi-kisi dari soal-soal tersebut akan lebih siap untuk mengerjakannya. Jangan lupa berdoa ketika mengerjakan tes SBMPTN. Selamat berjuang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *