Perkiraan Gaji Guru Swasta

Image: canva.com

Perkiraan Gaji Guru Swasta Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

Profesi guru saat ini banyak diminati lantaran gaji atau pendapatan guru PNS telah dinaikkan oleh pemerintah. Untuk mengatasi peminat yang membludak, pemerintah membagi profesi guru ke dalam 2 bagian, yaitu guru PNS dan guru non-PNS atau dikenal sebagai guru swasta. Gaji guru PNS bisa dikatakan sangat menggiurkan, apalagi kalau di Jakarta bisa mengantongi uang sebesar Rp. 6 jutaan per bulan. Sedangkan gaji guru swasta dibayar per jam dan tergantung dengan kebijakan sekolah dan peraturan pemerintah.

Pendapatan guru swasta bisa jadi lebih besar dari pendapatan guru PNS, karena sekarang ini sudah banyak sekolah swasta yang bisa dikatakan sangat maju. Meski pemberian gaji tetap disesuaikan dengan Uang Minimum Provinsi (UMP) setidaknya uang yang didapatkan per bulan dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, tidak jarang sekolah swasta yang memberikan gaji lebih besar dari UMP yang dijadikan patokan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Menjadi Guru Sebagai Pilihan Yang Tepat

Perkiraan Gaji Guru Swasta Dalam 1 Bulan

Jika merujuk pada Undang-Undang Pasal 15 ayat 3 Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa “Guru yang diangkat oleh satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat diberi gaji berdasarkan perjanjian kerja atau kesepakatan bersama”. Merujuk gaji guru Pada sekolah swasta yang dibayar per jam berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 50.000, misalkan beban kerja guru 24 jam mengajar per minggu maka 24 x Rp. 20.000 = Rp. 48.000 atau 24 x Rp. 50.000 = Rp. 1.200.000.

Selain perhitungan di atas, kalau kita merujuk pada UMP berbagai provinsi dan UMK Kabupaten/Kota tahun 2016, gaji guru pada sekolah swasta diberi berdasarkan referensi berikut ini, Provinsi Sumatera Utara Rp. 1.811.875, Medan Rp. 2.271.225, Riau Rp. 2.095.000, Pekanbaru Rp. 2.146.575, Balikpapan Rp. 2.225.000, Makassar Rp. 2.313.625, dan Papua Barat Rp. 2.237.000 per bulan. Meski tidak full diberikan setidaknya nominalnya cukup untuk memenuhi kebutuhan di mana Kamu tinggal.

Baca Juga :  Cara Mengajar Anak PAUD Yang Efektif Dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

Kesejahteraan Guru Pada Sekolah Swasta

Dengan pemerintahan yang sekarang, pendapatan guru pada sekolah swasta bisa dikatakan sudah mampu memberikan kesejahteraan kepada guru-gurunya. Bagaimana tidak, uang yang didapatkan setiap bulan harus berdasarkan referensi UMP atau UMK. Selain itu, pendidik yang memang baru lulus atau fresh graduate tidak akan kebingungan lagi terkait lapangan kerja yang akan didapatkan.

Mendapatkan gaji dalam perhitungan di atas tentu harusnya kita sudah bersyukur dibandingkan dengan pendapatan guru yang di sekolah swasta beberapa tahun ke belakang. Kesejahteraan pendidik sudah mulai diperhatikan kembali mengingat profesi ini sangat penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus disejahterakan hidupnya dan pemerintah sudah mulai melakukannya.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru Honorer Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

Nah, demikianlah perkiraan gaji guru swasta yang didapatkan dalam satu bulan. Pada dasarnya setiap pekerjaan harus bisa memberikan kesejahteraan dalam hidupnya, khususnya dalam bidang pendapatan yang digunakan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Guru pada sekolah swasta sekarang sudah sampai pada titik kesejahteraan tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat Kamu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *