Alasan Memilih Menjadi Guru

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Guru Sebagai Pilihan Yang Tepat

Dalam beberapa kesempatan terkadang seseorang bertanya kepada kita tentang alasan memilih sesuatu. Misalnya alasan memilih menjadi guru sebagai salah satu profesi yang Kamu jalani. Penjelasan atau argumentasi seperti apa yang akan Kamu utarakan apabila ada seseorang yang bertanya demikian?

Kalau Kamu bingung mengenai tujuan menjadi guru, sebaiknya baca artikel ini hingga akhir. Karena akan diuraikan beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang memilih menjadi guru.

1. Membangkitkan Semangat Belajar

Ketika Kamu mengajarkan sesuatu kepada murid-murid, mau tidak mau Kamu harus menguasainya. Karena tidak mungkin Kamu memberikan pelajaran yang tidak sama sekali Kamu ketahui. Maka dari itu, dengan mengajar, semangat belajar dalam diri juga akan bertambah. Bahkan Kamu akan mendapatkan nilai plus lainnya, yaitu berwawasan luas dan bertambah pandai.

2. Berpengaruh Dalam Kehidupan Generasi Mendatang

Guru adalah sosok yang digugu dan ditiru oleh murid-muridnya. Dalam hal ini, generasi muda membutuhkan sosok yang bisa dijadikan panutan dalam keseharian mereka. Selain orang tua, guru merupakan orang terdekat mereka di sekolah. Selain mendapat ilmu, mereka akan mencontoh perilaku baik dan bijak para guru. Sebagai guru, secara tidak langsung Kamu berpengaruh dalam membentuk perilaku generasi muda di masa mendatang.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru Kontrak Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

3. Pekerjaan Yang Tidak Monoton

Guru merupakan profesi yang dinamis, karena setiap harinya Kamu akan menemukan sesuatu yang baru. Entah itu aktivitas mengajar yang beragam, perilaku murid yang menggemaskan, ucapan lucu para murid, hingga topik pembelajaran yang berbeda. Selain itu, Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga dari setiap kisah hidup para murid.

4. Lebih Banyak Waktu Untuk Keluarga

Guru menjadi salah satu pekerjaan yang fleksibel, karena memiliki waktu luang yang lebih banyak. Guru memiliki jam kerja yang singkat yang disesuaikan dengan jam sekolah anak-anak. Bekerja sebagai guru menjadi pilihan yang pas untuk perempuan yang ingin meluangkan waktu dengan anak-anak di rumah.

5. Waktu Libur Lebih Lama

Baca Juga :  Motivasi Menjadi Guru PAUD Atau TK Itu Menyenangkan, Ada 10 Hal Nih!

Biasanya guru memiliki waktu libur yang lebih lama karena mengikuti jadwal libur murid-muridnya. Seperti libur lebaran, libur semester, hari libur nasional, libur perayaan agama-agama, dan hari-hari libur lainnya. Banyak orang yang memiliki alasan memilih menjadi guru agar mendapatkan waktu libur yang lebih lama untuk sekedar berkumpul bersama keluarga, sahabat, atau liburan.

6. Membangun Peradaban

Seorang ilmuwan bekerja untuk menciptakan penemuan-penemuan baru, sedangkan guru bekerja melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang hebat. Maka dari itu, kemajuan suatu peradaban sangat bergantung pada kualitas guru yang dimiliki.

7. Pahlawan Dengan Jasa Besar

Guru bukan hanya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, karena dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa jasa-jasanya sangat besar. Dari generasi ke generasi guru melahirkan murid-murid berprestasi yang membanggakan nama sekolah bahkan negara.

8. Ujung Tombak Pendidikan

Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membangun dan memajukan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, guru menjadi ujung tombak pendidikan karena ia yang mendesain kurikulum dan metode pembelajaran demi pendidikan yang lebih baik.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru Honorer Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

9. Melatih Diri Menjadi Penyabar Dan Peduli

Guru akan menghadapi berbagai karakter dan berbagai sifat dari para muridnya. Maka dari itu, seorang guru dituntut untuk tidak acuh, cuek, dan menghilangkan sikap keras. Guru lebih dituntut untuk menjadi seseorang yang penyabar dan peduli. Melalui peristiwa ini, Kamu akan terlatih sebagai pribadi yang penyabar dan peduli.

10. Menyalurkan Rasa Cinta Kepada Anak-Anak

Ada banyak orang yang memiliki perhatian lebih besar kepada anak-anak. Dengan menjadi guru, Kamu bisa menyalurkan rasa sayang itu dengan membantu mereka lebih baik dalam berkembang. Kecintaan terhadap anak-anak merupakan salah satu alasan memilih menjadi guru bagi sebagian orang.

Nah, demikianlah alasan memilih menjadi guru sebagai pilihan yang tepat. Bekerja menjadi guru bukan hanya berbicara soal gaji, namun lebih dari itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan peradaban dan melahirkan generasi muda yang cerdas.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *