Perkiraan Gaji Guru PNS

Image: canva.com

Perkiraan Gaji Guru PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Menjadi seorang guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat dikatakan impian semua guru honorer. Namun untuk menjadi seorang PNS, proses yang dilalui tidaklah mudah. Untuk saat ini, setidaknya ada tiga tahap seleksi yang harus dilewati di antaranya tahapan seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Berbicara soal pendapatan, gaji guru PNS tentu lebih besar dari guru honorer. Lalu sebenarnya berapa sih gajinya guru PNS saat ini?!

Gaji Guru PNS

Dalam peraturan yang sudah ditetapkan, jabatan guru PNS disebut sebagai jabatan fungsional guru. Dengan merujuk pada Permen-PANRB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya pada pasal 2, jabatan fungsional guru merupakan jabatan tingkat keahlian termasuk dalam rumpun pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak, dasar, lanjutan, dan sekolah khusus.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Menjadi Guru PAUD Atau TK Itu Menyenangkan

Pada awalnya, rekrutmen guru PNS masih ada yang masuk pada golongan II A. Seiring berkembangnya peraturan, saat ini guru yang menjadi PNS setidaknya sudah berada pada golongan III A. Untuk lebih lengkapnya, berikut akan diuraikan pendapatan PNS berdasarkan golongan, jenjang pangkat, jenjang jabatan dulu, dan jenjang jabatan sekarang.

Untuk golongan II A sampai II D, gajinya guru PNS dengan jenjang pangkat Pengatur Muda dan Pengatur Muda Tingkat I berkisar antara Rp. 1.926.000 sampai Rp. 3.628.200. Pendapatan yang demikian diperuntukkan untuk jabatan Guru Pratama dan Guru Pratama Tingkat I.

Sedangkan untuk golongan III A hingga III D dengan jenjang pangkat Penata Muda dan Penata Muda Tingkat I, pendapatan berkisar antara Rp. 2.456.700 hingga Rp. 4.568.800 dengan jabatan Guru Madya, Guru Madya Tingkat I, Guru Dewasa, dan Guru Dewasa Tingkat I.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Dosen PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Gaji Guru PNS Berdasarkan Pendidikan Formal Dan Masa Kerja

Pendapatan guru PNS dipengaruhi juga oleh pendidikan formal yang telah diselesaikan dan masa kerja, Bisa dikatakan gajinya guru PNS sangatlah bervariasi. Bagi guru yang baru saja diangkat sebagai PNS, besaran gaji yang akan diperoleh berdasarkan pendidikan formal dan masa kerja adalah sebagai berikut.

1. Lulusan D-2

Kamu mahasiswa lulusan D-2 akan menjadi guru PNS dengan golongan II A. Gaji pertama yang Kamu dapatkan sesuai dengan golongan kerja yang telah dibahas sebelumnya sekitar Rp. 1.926.000. Gaji tersebut merupakan pendapatan pada awal-awal masa kerja.

2. Lulusan S-1

Gaji guru PNS untuk lulusan S1 saat masa awal kerja sekitar Rp. 2.456.700 berdasarkan golongan kerja III A. Pendapatan tersebut bisa Kamu tingkatkan dengan mengupgrade pendidikan formal Kamu.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Guru Honorer Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

3. Lulusan S-2

Untuk lulusan S2, Kamu akan diangkat menjadi guru PNS golongan III B. Gaji awal masa kerja yang didapatkan berkisar antara Rp. 2.560.600. Akan tetapi, untuk golongan III B Kamu baru bisa diangkat menjadi PNS apabila jurusan magister Kamu linear dengan jurusan Kamu sebelumnya.

Nah, demikianlah gaji guru PNS berdasarkan golongan, pendidikan formal, masa kerja, dan jabatan fungsional. Gaji PNS yang telah diuraikan diatas merupakan perkiraan pendapatan yang akan Kamu dapatkan dalam satu bulan. Apabila Kamu ingin mengupgrade golongan dan masa kerja, maka Kamu harus melanjutkan pendidikan formal. Dengan demikian, pendapatan yang akan Kamu dapatkan akan lebih bertambah dan tentunya lebih besar.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *