Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

Kamu yang memiliki minat pada bidang pendidikan atau bercita-cita untuk berkarir sebagai tenaga pengajar bisa memilih jurusan ilmu pendidikan saat berada di jenjang perguruan tinggi. Di fakultas ilmu pendidikan, Kamu juga bisa memilih banyak jurusan yang ada, salah satunya adalah jurusan pendidikan agama Islam dimana Kamu akan mempelajari materi mengenai metode pendidikan untuk jurusan agama Islam. Itu artinya Kamu juga perlu tahu informasi biaya kuliah pendidikan agama Islam.

Ya, bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk berkuliah di jurusan pendidikan agama Islam untuk jenjang S1, Kamu juga harus mempersiapkan anggaran biaya pendidikan yang Kamu perlukan untuk menyelesaikan pendidikan Kamu. Berikut perkiraan biaya kuliah pendidikan agama Islam yang perlu Kamu persiapkan bagi Kamu yang sedang berencana untuk masuk jurusan ini di perguruan tinggi.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

1. Biaya Masuk Perguruan Tinggi

Biaya pertama yang perlu Kamu persiapkan saat akan masuk dan berkuliah di salah satu perguruan tinggi pada pendidikan agama Islam adalah biaya masuk perguruan tinggi tersebut. Biaya masuk ini tentunya bervariasi tergantung pada masing-masing perguruan tinggi yang Kamu masuki.

Jika Kamu masuk ke perguruan tinggi negeri, biaya yang perlu Kamu siapkan tentu akan lebih rendah dibanding jika Kamu masuk ke perguruan tinggi swasta. Idealnya, Kamu harus mempersiapkan biaya sekitar Rp.2.000.000 hingga Rp.7.000.000.

2. Biaya Kuliah Per Semester

Baca Juga:  10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

Biaya kuliah pendidikan agama Islam selanjutnya yang perlu Kamu persiapkan adalah biaya kuliah untuk tiap semester. Untuk menyelesaikan pendidikan jenjang S1, Kamu harus membayar biaya semester sebanyak delapan kali untuk delapan semester. Jika Kamu berkuliah di perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi tersebut umumnya menetapkan uang kuliah tunggal atau UKT.

Besaran UKT ini akan berbeda-beda bagi setiap mahasiswa sesuai dengan kemampuan finansial mahasiswa dan keluarganya tersebut. UKT yang ditetapkan berkisar mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000. Sementara jika Kamu berkuliah di perguruan tinggi swasta, Kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp.3.000.000 hingga Rp.8.000.000 tergantung pada perguruan tinggi tempat Kamu berkuliah.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam Bagi Yang Bingung

3. Biaya PPL Dan Tugas Akhir

Di akhir masa studi Kamu sebagai mahasiswa pendidikan agama Islam, Kamu akan menjalani mata kuliah PPL atau program pengalaman lapangan. Dalam PPL ini, Kamu akan melakukan praktek mengajar di sekolah-sekolah. Setelah itu Kamu juga akan menyusun tugas akhir seperti skripsi.

Seluruh kegiatan ini tentu membuat Kamu juga harus mempersiapkan anggaran biaya khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Setidaknya Kamu harus mempersiapkan biaya sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000

Itulah beberapa perkiraan biaya kuliah pendidikan agama Islam yang perlu Kamu ketahui untuk menjadi referensi bagi Kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini. Perkiraan tadi tentunya bervariasi tergantung kebutuhan setiap mahasiswa dan juga tergantung di perguruan tinggi mana Kamu berkuliah.