Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Gajinya

Jurusan ilmu pendidikan merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang selalu memiliki peminat setiap tahunnya. Saat memilih fakultas ilmu pendidikan, Kamu juga bisa memilih banyak jurusan yang tersedia, salah satunya jurusan pendidikan agama Islam. Bagi Kamu yang sedang mempertimbangkan jurusan ini, berikut beberapa peluang atau prospek kerja pendidikan agama Islam beserta kisaran gajinya.

1. Guru

Peluang kerja yang paling besar bagi para lulusan ilmu pendidikan tentunya menjadi seorang guru. Karena jurusan yang Kamu ambil adalah jurusan pendidikan agama Islam, maka Kamu juga bisa menjadi guru untuk mata pelajaran agama Islam. Kisaran gaji seorang guru ialah mulai dari Rp.2.000.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam Bagi Yang Bingung

2. Dosen

Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi dengan menjadi dosen, terutama di perguruan-perguruan tinggi yang membuka fakultas ilmu agama Islam. Namun untuk bisa menjadi dosen Kamu juga perlu menyelesaikan studi Kamu hingga jenjang magister. Kisaran gaji seorang dosen ialah mulai dari Rp.4.000.000.

3. Pemuka Agama

Ilmu agama Islam yang Kamu miliki tentu akan lebih bermanfaat jika Kamu sebarkan pada banyak orang. Sebagai lulusan pendidikan agama Islam, Kamu juga memiliki kemampun komunikasi yang baik untuk menjadi pemuka agama. Kisaran penghasilan seorang pemuka agama ialah mulai dari Rp.1.000.000.

Baca Juga:  10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

4. Penulis Buku Agama

Sebagai lulusan pendidikan agama Islam Kamu juga memiliki ilmu yang cukup untuk menjadi seorang penulis. Buku-buku yang Kamu tulis juga tentunya yang berkaitan dengan agama Islam. Seorang penulis akan mendapat penghasilan sebesar 10% hingga 15% royalti dari setiap buku yang terjual.

5. Pegawai Kementerian Agama

Peluang atau rospek kerja pendidikan agama Islam selanjutnya adalah bekerja di kantor kementerian yang terkait, seperti pada kementerian agama. Kisaran gaji pegawai kementerian agama bervariasi, mulai dari Rp.3.000.000.

6. Pegawai Kementerian Pendidikan

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

Selain di kementrian agama, Kamu juga bisa bekerja di kementrian pendidikan karena cabang ilmu jurusan Kamu adalah ilmu pendidikan. Kisaran gaji pegawai kementerian pendidikan juga bervariatif, mulai dari Rp.3.000.000.

7. Peneliti

Dunia Islam masih membutuhkan banyak peneliti yang bisa terus mengembangkan Islam menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal. Kamu yang merupakan lulusan pendidikan agama Islam memiliki kemampuan untuk ini. Kisaran gaji seorang peneliti ialah sekitar Rp.5.000.000.

8. Guru Mengaji

Pekerjaan sebagai guru mengaji tidaklah sama dengan guru agama Islam di sekolah. Sebagai guru mengaji, Kamu akan mengajar di madrasah-madrasah atau yayasan dan lebih fokus untuk mengajarkan anak-anak didikmu membaca al-quran. Kisaran gaji seorang guru mengaji ialah mulai dari Rp.1.500.000.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

9. Tutor Online

Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak tenaga pengajar atau tutor yang dibutuhkan secara online. Sebagai lulusan pendidikan agama Islam yang memiliki ilmu pendidikan dan mengerti teknologi, ini bisa menjadi kesempatan Kamu. Kisaran gaji seorang tutor online ialah Rp2.000.000.

10. Pengusaha

Kamu tentu bisa menjadi pengusaha yang mengerti dan menerapkan ilmu-ilmu Islam untuk menjalankan bisnis Kamu. Kamu juga akan mendapat penghasilan tak terbatas tergantung kesuksesan bisnismu.

Itulah beberapa peluang atau prospek kerja pendidikan agama Islam untuk referensi Kamu. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.