Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

Di perguruan tinggi, Kamu yang memiliki minat pada dunia pendidikan bisa memilih fakultas ilmu pendidikan. Di fakultas tersebut Kamu juga bisa memilih banyak jurusan, salah satunya adalah pendidikan agama Islam. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari beberapa ilmu yang berkaitan dengan metode pengajaran untuk agama Islam. Berikut beberapa mata kuliah pendidikan agama Islam untuk menjadi informasi Kamu.

1. Sejarah Pendidikan Islam

Pada mata kuliah sejarah pendidikan Islam, Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang membahas aspek atau komponen pendidikan yang pernah dilakukan oleh umat Islam dan berpedoman pada ajaran Islam.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam Bagi Yang Bingung

2. Metode Pendidikan Islam

Pada materi ini Kamu akan mempelajari metode-metode yang digunakan oleh para tenaga pendidik untuk melakukan pengajaran agama Islam untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan dalam Islam.

3. Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam

Di materi ini Kamu akan mempelajari materi-materi seperti berbagai problematika dalam pendidikan agama Islam, perencanaan dan langkah-langkah metode pembelajaran agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan untuk merancang sistem pengajaran agama Islam.

4. Psikologi

Dalam jurusan ini, Kamu juga akan mempelajari ilmu psikologi. Ilmu psikologi yang dipelajari disini lebih terfokus pada psikologi pendidikan yang akan Kamu terapkan saat mengajar nanti.

Baca Juga:  10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

5. Pengembangan Kurikulum

Mata kuliah pendidikan agama Islam selanjutnya adalah pengembangan kurikulum. Dalam mata kuliah ini, Kamu belajar agar memiliki keterampilan dalam membuat atau mengembangkan kurikulum dalam pengajaran agama Islam.

6. Sistem Evaluasi Pendidikan

Dalam materi ini Kamu akan mempelajari cara untuk membuat kajian mengenai hasil pembelajaran para peserta didik, khususnya hasil pembelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam.

7. Masa’il Fiqhiyah

Di materi ini Kamu akan mempelajari problema-problema yang ada dalam fiqih islam dan mencoba memecahkan masalah-masalah tersebut dengan menggunakan berbagai pendekatan, seperti menggunakan teks-teks fiqih klasik ataupun menggunakan pendekatan sosiologis dan politis.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

8. Strategi Belajar Mengajar

Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mempelajari teknik, strategi, atau siasat yang digunakan sebagai pola mengajar para tenaga pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

9. Filsafat Pendidikan Islam

Materi filsafat pendidikan Islam adalah mata kuliah yang mempelajari konsep kajian filsafat pendidikan agama Islam, aliran-aliran filsafat pendidikan, hingga teori-teori pengembangan filsafat pendidikan Islam.

10. Qira’atul Kutub

Pada mata kuliah qira’atul kutub Kamu akan mempelajari dan mengkaji kitab-kitab yang merupakan referensi utama umat Islam dan sering menjadi bahan kajian di lingkungan pesantren atau pada kalangan santri. Kamu juga akan mengkaji dan mempelajari berbagai mazhab yang ada dalam Islam.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Gajinya

Itulah beberapa mata kuliah pendidikan agama Islam untuk menjadi informasi Kamu yang ingin memasuki jurusan ini di perguruan tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya buat Kamu sebagai gambaran sebelum masuk jurusan pendidikan agama islam.