Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam Bagi Yang Bingung

Bagi Kamu yang menyukai dunia pendidikan, Kamu bisa memilih fakultas ilmu pendidikan di perguruan tinggi. Di fakultas tersebut, Kamu juga bisa memilih banyak pilihan jurusan yang sesuai dengan minat Kamu, salah satunya adalah jurusan pendidikan agama Islam. Berikut 10 alasan memilih jurusan pendidikan agama Islam untuk membuatmu semakin yakin dengan jurusan ini.

1. Banyak Dibuka Di Berbagai Perguruan Tinggi

Fakultas ilmu pendidikan beserta jurusan pendidikan agama Islam di dalamnya merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak ditemui, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Ini membuat Kamu bisa lebih mudah menentukan kampus yang Kamu inginkan.

Baca Juga:  10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

2. Berpeluang Menjadi Guru

Profesi sebagai guru merupakan profesi yang sangat mulia. Kamu yang merupakan lulusan jurusan ini berpeluang besar untuk menjadi guru agama Islam karena itu merupakan bidang keahlian Kamu.

3. Berpeluang Menjadi Pegawai Negeri

Sebagai tenaga pengajar atau guru, Kamu juga akan berpeluang untuk diangkat menjadi pegawai negeri. Memiliki status sebagai pegawai negeri tentu menjadi impian banyak orang dan menjadi kebanggaan tersendiri.

4. Mendalami Ilmu Agama

Di jurusan pendidikan agama Islam Kamu juga akan mendalami ilmu agama Islam secara lebih mendalam selain juga berfokus ada metode pengajaran agama Islam. Ini membuat Kamu memiliki ilmu agama lebih mendalam.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Gajinya

5. Bisa Menjadi Pemuka Agama

Alasan memilih jurusan pendidikan agama Islam selanjutnya adalah Kamu akan memiliki ilmu yang bisa Kamu sebarkan kepada banyak orang dan Kamu bisa menjadi pemuka agama. Ini merupakan pekerjaan yang mulia dan akan membuatmu bermanfaat bagi banyak orang.

6. Profesi Yang Selalu Dibutuhkan

Sampai kapanpun, profesi sebagai guru ataupun pemuka agama adalah profesi yang akan selalu dibutuhkan. Ini membuat Kamu yang merupakan lulusan pendidikan agama Islam tidak perlu khawatir dengan masa depan Kamu.

7. Membentuk Akhlak

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

Selain menimba ilmu, mempelajari ilmu-imu agama Islam juga akan membentuk ahlak dan pribadi Kamu agar senantiasa menjalankan berbagai perintah Islam.

8. Dikenal Sebagai Mahasiswa Alim

Para mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam tentu akan dicap orang-orang sebagai pribadi yang alim dan senantiasa mentaati perintah agama. Ini bisa menjadi motivasi Kamu untuk membuktikan anggapan tersebut memang benar.

9. Bisa Memberi Kontribusi Pada Sekitar

Para lulusan pendidikan agama Islam bisa memberi kontribusi nyata pada sekitar dengan ilmu agama Islam yang mereka miliki.

10. Investasi Pahala

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

Mempelajari dan mengajarkan ilmu agama merupakan sebuah investasi pahala yang tidak akan terbayarkan oleh apapun. Ini merupakan hal baik yang bisa menjadi tabungan pahala untuk Kamu.

Itulah beberapa alasan memilih jurusan pendidikan agama Islam untuk semakin meyakinkan Kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memilih jurusan ini di perguruan tinggi. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.