Keunggulan Jurusan PAI

Image: canva.com

10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam)

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Keguruan. Jurusan ini mempersiapkan Kamu untuk menjadi seorang guru pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah. Kamu akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan ilmu agama Islam dan juga ilmu kependidikan. Meskipun tidak banyak yang ingin masuk ke jurusan ini, ada berbagai keunggulan jurusan PAI yang harus Kamu ketahui.

Berikut ini adalah 10 keunggulan jurusan PAI yang perlu Kamu tahu :

1. Jurusan Yang Mudah Ditemukan

Yang pertama, jurusan ini sangat mudah ditemukan terutama di STAIN, IAIN, atau UIN. Universitas negeri pun banyak yang memiliki jurusan ini. Jadi, Kamu memiliki pilihan universitas yang sangat beragam.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

2. Prospek Kerja Yang Menjanjikan

Yang kedua, prospek kerja lulusan jurusan PAI cukup menjanjikan. Setelah lulus nanti, Kamu bisa langsung mengajar di salah satu sekolah atau bisa juga meneruskan ke jenjang S2 agar bisa mengajar di perguruan tinggi. Selain mengajar, Kamu bisa menyusun buku, berwirausaha, hingga menjadi pemuka agama.

3. Kamu Bisa Memperdalam Ilmu Agama

Keunggulan jurusan PAI berikutnya adalah Kamu bisa berkuliah sambil memperdalam ilmu agama. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Kamu mendapat ilmu umum dan juga ilmu agama secara lebih lengkap.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam Bagi Yang Bingung

4. Bermanfaat Bagi Orang Lain

Yang keempat, Kamu bisa bermanfaat bagi orang lain. Tidak hanya dengan menjadi guru, ilmu agama yang Kamu miliki bisa Kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menebarkan manfaat yang lebih besar kepada orang lain.

5. Bisa Menjadi Pendakwah Yang Hebat

Yang kelima, Kamu bisa menjadi pendakwah yang hebat. Terutama untuk Kamu yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus.

6. Sebagai Investasi Pahala

Yang keenam, masuk ke jurusan PAI bisa Kamu jadikan sebagai investasi pahala. Kamu lebih paham tentang agama dan Kamu pun bisa membagikan pengetahuan yang Kamu dapatkan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Agama Islam Untuk Jenjang S1

7. Dipersiapkan Untuk Menjadi Guru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jurusan ini mempersiapkan Kamu untuk menjadi seorang guru. Kalau Kamu tidak ingin menjadi guru, tenang, masih ada prospek kerja lainnya dari jurusan ini yang bisa Kamu pilih.

8. Bisa Membuat Buku

Pengetahuan yang Kamu dapatkan selama perkuliahan bisa Kamu gunakan untuk menyusun buku agama.

9. Mata Kuliah Yang Beragam

Keunggulan jurusan PAI berikutnya adalah mata kuliahnya yang sangat beragam. Kamu akan mendapatkan materi agama secara lengkap, mulai dari fiqih, aqidah, tauhid, hingga muamalah, tafsir, sejarah, dan pengetahuan umum lainnya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam Dan Gajinya

10. Biaya Kuliah Terjangkau

Yang terakhir, biaya kuliah di jurusan PAI relatif terjangkau. Ditambah lagi, banyak perguruan tinggi saat ini yang sudah menggunakan sistem UKT sebagai biaya kuliahnya.

Nah, itulah 10 keunggulan jurusan PAI. Setelah tahu berbagai keunggulan yang dimiliki jurusan PAI, apakah Kamu semakin yakin untuk masuk jurusan ini?