Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Ketika akan memasuki jenjang perguruan tinggi, Kamu akan dihadapkan dengan pilihan berbagai jurusan. Salah satu jurusan yang setiap tahunnya masih tetap diminati oleh banyak calon mahasiswa baru adalah jurusan manajemen pemasaran. Jurusan ini juga banyak dibuka di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun, selain memilih jurusan, Kamu juga harus mempersiapkan biaya yang nantinya akan Kamu butuhkan untuk menempuh pendidikan di jurusan tersebut. Bagi Kamu yang sedang berencana untuk masuk jurusan manajemen pemasaran, berikut gambaran biaya kuliah manajemen pemasaran yang perlu Kamu persiapkan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

1. Uang Gedung Dan Bangunan

Ketika Kamu baru diterima di sebuah perguruan tinggi, Kamu diharuskan untuk membayar dana iuran untuk uang gedung dan bangunan. Kisaran harga untuk iuran ini juga bervariasi di setiap perguruan tinggi. Biasanya Kamu harus membayar uang gedung dan bangunan dengan jumlah yang lebih besar pada perguruan tinggi swasta dibanding perguruan tinggi negeri.

Umumnya, Kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp.3.000.000 sampai dengan Rp.7.000.000 untuk biaya gedung dan bangunan pada jenjang S1. Ada juga beberapa perguruan tinggi yang telah memasukkan biaya semester pertama dalam iuran gedung dan bangunan ini.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Dan Gajinya

2. Biaya Kuliah Per Semester

Biaya kuliah manajemen pemasaran selanjutnya yang perlu Kamu siapkan adalah biaya kuliah per semester. Di perguruan tinggi, biasanya besaran biaya kuliah ini disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga mahasiswa atau disebut UKT. Besaran UKT ini dimulai dari Rp.500.000 hingga Rp.11.000.000.

Sementara jika Kamu berkuliah di universitas swasta, kisaran biaya kuliah per semester umumnya sekitar Rp.4.000.000-Rp.10.000.000. Jumlah ini perlu Kamu kalikan delapan mengingat Kamu akan menempuh delapan semester untuk jenjang S1.

3. Biaya Tugas Harian

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran Bagi Yang Bingung

Selama berkuliah, setiap dosen pasti akan memberikanmu tugas-tugas yang harus Kamu kerjakan untuk mendapatkan nilai. Untuk mengumpulkan tugas-tugas ini, Kamu memerlukan biaya untuk proses print, fotokopi, dan biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan tugas tersebut.

Untuk biaya mengerjakan berbagai tugas dari dosen, Kamu setidaknya perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp.300.000-Rp.500.000 untuk setiap bulannya. Biaya ini tentunya bisa berbeda sesuai dengan tugas-tugas yang Kamu dapatkan.

4. Biaya Tugas Akhir & Wisuda

Biaya tugas akhir biasanya membutuhkan anggaran yang cukup besar, karena Kamu harus melakukan penelitian, kuesioner, pembuatan skripsi, dan biaya sidang. Idealnya Kamu perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp.2.000.000-Rp.5.000.000 tergantung kebutuhan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran Bagi Yang Bingung

Setelah itu, Kamu juga perlu menyiapkan anggaran yang harus dibayarkan untuk mengikuti proses wisuda. Biaya wisuda ini bervariatif tergantung kampus tempatmu berkuliah. Namun setidaknya Kamu perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp.1.000.000-Rp.2.000.000.

Itulah kisaran dan gambaran biaya kuliah manajemen pemasaran yang perlu Kamu persiapkan ketika Kamu hendak memasuki jurusan manajemen pemasaran di perguruan tinggi. Semoga ulasannya bermanfaat ya!