Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Saat memasuki satu jurusan di perguruan tinggi, Kamu akan mendapatkan berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Salah satu jurusan yang cukup sering ditemui di berbagai perguruan tinggi adalah jurusan manajemen pemasaran. Untuk Kamu yang ingin memasuki jurusan ini, berikut beberapa mata kuliah manajemen pemasaran.

1. Komunikasi Bisnis

Di mata kuliah komunikasi bisnis, Kamu akan belajar mulai dari pola, konsep, serta saluran komunikasi dalam berbisnis serta hambatan-hambatannya. Di mata kuliah ini Kamu juga akan belajar teknik bisnis secara verbal dan non verbal.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Dan Gajinya

2. Pengantar Akuntansi

Jurusan manajemen pemasaran juga akan mempelajari ilmu dasar akuntansi, seperti dokumentasi serta sistem pembukuan keuangan pada sebuah perusahaan.

3. Perpajakan

Mata kuliah perpajakan pada jurusan manajemen pemasaran memang tidak sedetail pada jurusan akuntansi. Namun Kamu akan tetap belajar mengenai dasar-dasar ilmu perpajakan.

4. Pemasaran Digital

Dengan teknologi digital yang semakin berkembang pesat, kini di jurusan manajemen pemasaran Kamu juga akan belajar mengenai ilmu pemasaran digital dimana Kamu akan mempelajari bagaimana teknik pemasaran melalui media internet.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran Bagi Yang Bingung

5. Perilaku Konsumen

Sebagai orang yang nantinya akan berhubungan langsung dengan konsumen, Kamu harus belajar untuk mengenali konsumen dan target pasar Kamu melalui mata kuliah perilaku konsumen.

6. Manajemen Pemasaran

Mata kuliah manajemen pemasaran yang paling utama adalah manajemen pemasaran itu sendiri. Di mata kuliah manajemen pemasaran, Kamu akan belajar mengenai cara mengelola sumber daya manusia agar bisa lebih efisien dalam membangun relasi dengan klien atau pelanggan. Mata kuliah ini mencakup konsep dasar pemasaran hingga analisis lingkungan dan pesaing bisnis.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

7. Manajemen E-Commerce

Dalam manajemen e-commerce, Kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan penjualan produk atau jasa yang menggunakan sistem dan jaringan elektronik. Kamu juga akan mempelajari teknik pengolahan data menggunakan sistem elektronik.

8. Manajemen Perbankan

Di mata kuliah manajemen perbankan, Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu terkait bank. Kamu akan belajar mengenai sistem perbankan, laporan keuangan pada lembaga bank, hingga manajemen aset dalam dunia perbankan.

9. Kewirausahaan

Di jurusan manajemen pemasaran, Kamu juga akan belajar ilmu kewirausahaan yang akan membuat Kamu memiliki ilmu untuk mengembangkan usaha sendiri dan menjadi pengusaha nantinya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

10. Riset Pemasaran

Sebagai orang yang nantinya akan berada pada bidang pemasaran, Kamu harus bisa menganalisa bagaimana keadaan pasar untuk membuat strategi-strategi pemasaran yang sesuai. Untuk bisa melakukan analisa terhadap pasar dan konsumen, Kamu akan belajar melalui mata kuliah riset pemasaran.

Itulah beberapa mata kuliah manajemen pemasaran yang bisa Kamu temukan di berbagai perguruan tinggi untuk jurusan manajemen pemasaran jenjang S1. Ulasan mata kuliah tadi bisa menjadi referensi dan gambaran bagi Kamu yang berencana untuk masuk ke jurusan ini.

Semoga ulasannya bermanfaat ya!