Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Pemasaran

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Pemasaran Dan Gajinya

Jurusan manajemen pemasaran merupakan salah satu jurusan yang banyak ditemui di berbagai perguruan tinggi. Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan yang selalu diminati calon mahasiswa baru karena peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran dinilai cukup luas. Apakah ini benar?

Sebelum membahas mengenai peluang kerja dari jurusan manajemen pemasaran, Kamu perlu sedikit mengenal jurusan ini. Manajemen pemasaran merupakan program studi yang mempelajari segala hal tentang aktivitas pemasaran di suatu perusahaan, mulai dari kegiatan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga kegiatan evaluasi. Program studi ini merupakan rumpun soshum dan menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Untuk bisa masuk ke jurusan manajemen pemasaran di jenjang S1, Kamu perlu memilih prodi manajemen terlebih dahulu. Prodi manajemen ini memiliki beberapa pilihan konsentrasi, seperti keuangan, manajemen dan bisnis internasional, dan pemasaran. Selain jenjang S1, Kamu bisa memilih jurusan prodi D3 atau D4 manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran memiliki prospek kerja yang cukup luas. Untuk Kamu para lulusan dari jurusan ini, berikut adalah 10 peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran dan kisaran gajinya.

1. Sales Executive

Yang pertama, Kamu bisa berkarir sebagai seorang sales executive. Dikarenakan Kamu mempelajari bidang pemasaran, prospek kerja yang peluangnya paling besar untuk para lulusan manajemen pemasaran adalah menjadi sales executive. Pekerjaan ini juga selalu dibutuhkan di setiap perusahaan karena setiap bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan sales executive untuk memasarkan produknya.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Kisaran gaji sales executive bervariasi tergantung perusahaan, namun biasanya mereka juga akan mendapat komisi atau bonus sekitar 5-10% dari setiap nilai penjualan yang berhasil didapatkan.

2. Marketing Analysis

Yang kedua, Kamu bisa berkarir sebagai seorang marketing analysis. Tugas seorang marketing analysis adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan data mengenai target pemasaran untuk keperluan klien atau perusahaan dan biasanya bekerja di perusahaan konsultan.

Kamu juga bertugas melakukan analisis terkait tren konsumen, perilaku konsumen, termasuk pula analisis terkait langkah-langkah yang dilakukan kompetitor. Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang marketing analysis adalah sekitar Rp.7.000.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran Bagi Yang Bingung

3. Social Media Marketing

Yang ketiga, lulusan jurusan manajemen marketing bisa menjadi seorang social media marketing. Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru di dunia digital, salah satunya adalah aktivitas pemasaran melalui media sosial. Seorang social media marketing bertugas untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media.

Meskipun terlihat mudah, social media marketing perlu strategi khusus agar marketing yang dilakukan bisa mencapai tujuan dan sesuai dengan value dari perusahaan. Kamu perlu memikirkan konten yang akan diangkat, engagement, hingga penggunaan ads, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran Bagi Yang Bingung

Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang social media marketing adalah Rp.5.000.000.

4. Digital Marketing Staff

Yang keempat, Kamu bisa berkarir menjadi seorang staff digital marketing. Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Kamu akan banyak memikirkan konten yang akan diangkat sebagai bagian dari strategi marketing.

Meskipun sama, social media marketing dan digital marketing memiliki perbedaan. Seorang digital marketing staff menggunakan platform digital lebih banyak lagi sebagai media pemasarannya, sedangkan social media marketing fokus pada media sosial. Jadi, Kamu perlu menguasai strategi pemasaran digital secara lebih luas, mulai dari media sosial, platform pemutar video, hingga mesin pencarian.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Kisaran gaji yang didapatkan seorang digital marketing staff adalah Rp.5.000.000.

5. Supervisor Pemasaran

Yang kelima, Kamu bisa memilih karir sebagai seorang supervisor khusus pemasaran. Seorang supervisor pemasaran bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, mengembangkan, serta menerapkan strategi-strategi baru yang bisa membuat pemasaran produk atau jasa lebih meningkat lagi.

Kisaran gaji seorang supervisor pemasaran adalah Rp.7.000.000.

6. Event Planner

Yang keenam, Kamu bisa berkarir di bidang event organizer sebagai event planner. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah event organizer atau EO. Dalam EO, akan banyak orang-orang yang bekerja sebagai event planner untuk merancang sebuah event, salah satu kunci event tersebut berhasil adalah promosi yang baik.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Seorang lulusan manajemen pemasaran merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi ini. Biasanya seorang event planner digaji dengan hitungan per-event dengan kisaran gaji Rp.5.000.000.

7. Staff Advertising

Peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran selanjutnya adalah staff advertising. Perusahaan advertising bertugas untuk merancang dan mengelola kampanye iklan suatu produk atau perusahaan agar produk perusahaan tersebut bisa dikenal banyak orang.

Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang staff advertising adalah Rp.5.000.000.

8. Public Relation

Yang kedelapan, Kamu juga bisa berkarir sebagai seorang Public Relation atau sering juga disebut dengan humas. Public relation akan selalu dibutuhkan di setiap perusahaan untuk mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dengan dunia luar.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Seorang public relation harus memiliki komunikasi dan teknik persuasi yang baik, ini merupakan bidang yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran.

Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang public relation adalah Rp.4.000.000.

9. Admin Marketing

Selanjutnya, Kamu juga bisa berkarir sebagai admin di bagian marketing. Admin marketing bertugas membantu para staff marketing dalam menyusun dan mengorganisir berbagai hasil penjualan dan kebutuhan-kebutuhan klien.

Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang admin marketing adalah Rp.4.000.000.

10. Wirausaha

Yang terakhir, Kamu juga bisa membuka usaha sendiri dan berkarir sebagai pengusaha. Dengan ilmu pemasaran yang Kamu miliki, Kamu tentu bisa membuka bisnis sendiri dan menjalankan bisnis tersebut. Kisaran penghasilan yang bisa didapat juga bervariatif tergantung pada kesuksesan bisnismu.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Jenjang S1

Itulah 10 peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Persiapkan dirimu untuk bersaing hingga akhirnya bisa masuk ke jurusan manajemen pemasaran di kampus yang Kamu inginkan. Semoga ulasannya bermanfaat ya!