Biaya Kuliah Jurusan Olahraga

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

Jurusan olahraga merupakan salah satu jurusan yang bisa Kamu pilih di perguruan tinggi. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan olahraga dan kesehatan jasmani. Jurusan ini cocok bagi Kamu yang memiliki minat di bidang olahraga atau menyukai aktivitas olahraga. Untuk menyelesaikan jurusan olahraga di perguruan tinggi, Kamu perlu mempersiapkan beberapa anggaran yang menjadi biaya untuk proses perkuliahan tersebut. Bagi Kamu yang tertarik dengan jurusan ini, berikut beberapa perkiraan biaya kuliah jurusan olahraga yang perlu Kamu ketahui.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga Dan Gajinya

1. Uang Gedung Dan Bangunan

Anggaran biaya yang perlu Kamu persiapkan pertama kali adalah anggaran biaya untuk uang gedung dan bangunan. Biaya ini perlu segera Kamu persiapkan setelah Kamu dinyatakan lulus di jurusan olahraga perguruan tinggi tertentu. Untuk besaran uang gedung dan bangunan ini, setiap perguruan tinggi memiliki besaran dan rincian biayanya masing-masing. Sebagai perkiraan Kamu memerlukan biaya sekitar Rp. 3.000.000 sampai dengan Rp.7.000.000.

2. Uang Per Semester

Setelah Kamu mulai melakukan proses perkuliahan di jurusan olahraga, biaya kuliah jurusan olahraga selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah biaya untuk pembayaran uang semester. Umumnya jurusan olahraga saat ini baru diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi negeri.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

Di kebanyakan perguruan tinggi negeri, kebanyakan saat ini lebih banyak menggunakan sistem UKT atau uang kuliah tunggal untuk para mahasiswanya. Besaran UKT setiap mahasiswa akan disesuaikan dengan kemampuan finansial mahasiswa dan orang tua mahasiswa tersebut.

Umumnya, besaran biaya UKT adalah mulai dari rentang Rp.500.000 hingga Rp.8.000.000. Besaran UKT yang Kamu dapatkan harus Kamu persiapkan sebanyak 8 kali untuk 8 semester yang akan Kamu jalani.

3. Biaya Sarana Dan Peralatan Olahraga

Dalam jurusan olahraga, Kamu tentu akan banyak memerlukan berbagai sarana dan peralatan olahraga. Sarana dan peralatan olahraga ini perlu Kamu miliki untuk menunjang berbagai tugas dan kegiatan praktek yang perlu Kamu jalani selama proses perkuliahan di jurusan olahraga.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Olahraga Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Sarana dan peralatan olahraga yang Kamu butuhkan ini tentu harus Kamu persiapkan anggarannya karena Kamu mungkin harus beberapa kali membeli sarana dan peralatan olahraga yang berbeda. Dengan melihat perkiraan beberapa sarana dan peralatan olahraga yang ada di pasaran, setidaknya Kamu harus mempersiapkan biaya sekitar Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000 per semester.

4. Biaya Tugas Akhir

Setelah Kamu berada di semester akhir, Kamu akan menghadapi tugas akhir atau skripsi sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan Kamu di jurusan olahraga. Biaya ini juga tentunya bervariatif tergantung dengan kebutuhan yang Kamu perlukan. Setidaknya Kamu perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp.2.000.000 hingga Rp.4.000.000

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga Dan Gajinya

Itulah perkiraan biaya kuliah jurusan olahraga yang tentunya bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan Kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *