Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga Dan Gajinya

Jurusan olahraga di perguruan tinggi mungkin bukan sebuah jurusan yang cukup populer. Namun di kalangan pecinta aktivitas olahraga, jurusan ini menjadi minat utama mereka ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Di jurusan ini, Kamu akan memperoleh ilmu tentang olahraga dan juga kesehatan jasmani. Bagi Kamu yang tertarik untuk memasuki jurusan ini, berikut peluang atau prospek kerja jurusan olahraga untuk menjadi referensi Kamu.

1. Atlet

Sebagai lulusan jurusan olahraga, Kamu tentu memiliki kriteria yang tepat untuk menjadi seorang atlet sesuai dengan cabang olahraga yang Kamu sukai dan tekuni. Gaji seorang atlet bervariatif, jika Kamu sudah menjadi atlet profesional, Kamu bisa memiliki penghasilan hingga ratusan juta.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

2. Guru Penjaskes

Jika Kamu merupakan lulusan jurusan olahraga, terutama jurusan pendidikan olahraga, Kamu memiliki keahlian untuk menjadi guru pendidikan jasmani dan kesehatan atau guru olahraga di sekolah. Sebagai guru, Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp.1.000.000 hingga Rp.3.000.000. Jika Kamu sudah menjadi guru berstatus PNS, Kamu bisa mendapat gaji lebih besar ditambah tunjangan lainnya.

3. Pelatih

Jika Kamu tidak menjadi atlet atau sudah pensiun dari atlet nantinya, Kamu juga bisa bekerja sebagai pelatih untuk para atlet-atlet yang masih berkompetisi. Dengan pengalaman dan ilmu yang Kamu miliki, Kamu tentu bisa menjadi pelatih yang baik. Gaji seorang pelatih bervariatif tergantung dengan pengalaman Kamu serta atlet atau klub yang Kamu latih. Seorang pelatih profesional bisa mendapat penghasilan hingga ratusan juta.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

4. Personal Trainer

Semakin pedulinya orang-orang terhadap kesehatan tubuh membuat saat ini jasa personal trainer banyak dicari. Sebagai personal trainer Kamu akan bekerja di gym dan membantu orang-orang untuk mendapatkan tubuh dan kesehatan yang mereka inginkan. Gaji seorang personal trainer bisa mencapai Rp.30.000.000.

5. Instruktur Senam

Peluang atau prospek kerja jurusan olahraga selanjutnya adalah menjadi instruktur senam. Kamu bisa memilih untuk menjadi instruktur senam, aerobik, ataupun yoga sesuai dengan keahlian dan minat olahragamu. Gaji seorang instruktur senam adalah sekitar Rp.50.000.000 per jamnya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Olahraga Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

6. Jurnalis Olahraga

Ilmu dan pengetahuan seputar olahraga yang Kamu miliki selama kuliah di jurusan olahraga akan bermanfaat ketika Kamu menjadi jurnalis olahraga. Kamu bisa memberi info yang lengkap dan akurat dan bisa memahami mengenai berita yang Kamu tulis. Kisaran gaji seorang jurnalis olahraga yaitu sekitar Rp.3.000.000 – Rp.5.000.000.

7. Terapis Refleksologi

Di jurusan olahraga Kamu tidak hanya mempelajari bidang olahraga saja, namun juga kesehatan badan lainnya. Kamu bisa menjadi seorang terapis refleksologi untuk membantu orang-orang mengembalikan stamina dan kesehatan fisik mereka. Gaji seorang terapis refleksologi adalah sekitar Rp.2.000.000-Rp.3.000.000.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

8. Content Creator

Saat ini banyak orang yang melakukan olahraga hanya dengan melihat tutorial video di platform Youtube. Ini menjadi peluang Kamu untuk menjadi content creator. Kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan olahraga untuk memberi informasi dan membantu orang-orang berolahraga dengan lebih mudah.

9. Pegawai Negeri

Lulusan jurusan olahraga juga bisa menjadi pegawai negeri dan bekerja di sektor pemerintahan. Tentunya Kamu akan lebih cocok jika bergabung dengan kantor pemerintahan yang sesuai dengan bidang ilmumu, seperti di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Gaji pegawai kementrian bisa mencapai puluhan juta.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

10. Pengusaha

Kamu bisa membuka usaha yang berhubungan dengan olahraga, seperti membuka fitness centre atau reflexology. Penghasilan yang Kamu dapat tentu bervariatif tergantung perkembangan usahamu.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja jurusan olahraga yang bisa Kamu jadikan pertimbangan sebelum memilih jurusan ini sebelum kuliah nanti.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *