Mata Kuliah Jurusan Olahraga

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

Salah satu jurusan yang berkaitan dengan kesehatan yang bisa Kamu pilih saat berada di perguruan tinggi adalah jurusan olahraga. Selain ilmu kesehatan, di jurusan ini Kamu juga akan mempelajari banyak materi yang berkaitan dengan olahraga fisik. Untuk lebih mengenal jurusan olahraga, berikut beberapa mata kuliah jurusan olahraga untuk referensi Kamu yang tertarik dengan jurusan ini.

1. Filsafat Olahraga

Di mata kuliah filsafat olahraga, Kamu akan mempelajari salah satu cabang dari ilmu filsafat dan menganalisa konsep olahraga dalam kegiatan manusia. Bahasan dalam filsafat olahraga juga mencakup filsafat etika dan moral, aspek metafisika, serta estetika.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Olahraga Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Psikologi Olahraga

Dalam mata kuliah psikologi olahraga, Kamu akan mempelajari ilmu psikologi yang diterapkan pada kegiatan olahraga, misalnya saja beberapa faktor yang mempengaruhi performa seorang atlet atau faktor-faktor dari luar yang bisa mempengaruhi penampilan mereka ketika berolahraga atau bertanding.

3. Kinesiologi Olahraga

Kines memiliki arti gerak, sementara logos berarti ilmu. Maka, mata kuliah kinesiologi olahraga adalah mata kuliah yang mempelajari berbagai gerak dalam aktivitas fisik manusia yang efisien, aman, dan efektif. Mata kuliah ini juga berhubungan dengan anatomi, fisiologi, dan mekanika.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Jurusan Olahraga Dan Gajinya

4. Fisioterapi Olahraga

Dalam mata kuliah fisioterapi olahraga, Kamu akan mempelajari hal-hal mengenai cara untuk membangun, mempertahankan, serta merestorasi pergerakan dan berbagai macam fungsi tubuh. Tentunya fisioterapi olahraga ini berkaitan dengan aktivitas olahraga.

5. Olahraga Adaptif

Mata kuliah jurusan olahraga selanjutnya adalah olahraga adaptif. Pada mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari teknik-teknik olahraga yang bisa diterapkan untuk terapi bagi para anak-anak berkebutuhan khusus atau orang-orang dengan kecacatan fisik tertentu.

6. Biomekanika Olahraga

Di mata kuliah ini, Kamu akan dilatih agar bisa memahami dan melaksanakan berbagai gerak terampil untuk meningkatkan potensi dalam aktivitas olahraga.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

7. Sosiologi Olahraga

Sosiologi olahraga merupakan mata kuliah yang merupakan cabang ilmu sosiologi terapan yang mengkaji pola dan gaya hidup masyarakat dengan fokusnya terhadap kegiatan olahraga yang bisa menjadi solusi kesehatan bagi para masyarakat tersebut. Sosiologi olahraga juga menekankan pentingnya olahraga untuk keberlangsungan hidup suatu masyarakat.

8. Manajemen Kebugaran

Dalam manajemen kebugaran, Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu mengenai berbagai komponen yang berkaitan dengan kebugaran jasmani, seperti kekuatan, daya tahan, daya otot, kecepatan, kelenturan, serta komponen-komponen lainnya.

9. Ilmu Gizi Olahraga

Mata kuliah ilmu gizi olahraga adalah mata kuliah yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan gizi atau nutrisi yang terkandung pada setiap bahan makanan dan kaitannya dengan kegiatan olahraga, misalnya metabolism energi, penelitian kebutuhan gizi atlet, dan perencanaan gizi yang dibutuhkan atlet.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Olahraga Untuk Jenjang S1

10. Cedera Olahraga

Di mata kuliah ini, Kamu akan mempelajari mengenai konsep keselamatan dalam berolahraga serta perawatan yang dibutuhkan dalam berbagai jenis cedera saat olahraga.

Itulah beberapa mata kuliah jurusan olahraga untuk referensi Kamu yang tertarik dengan jurusan olahraga. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *