Perkiraan Biaya Kuliah Fisika

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

Apa yang terlintas dalam benak Kamu saat mendengar jurusan Fisika? Untuk orang yang suka dengan dunia menghitung mungkin akan tertarik, tapi beda dengan Kamu yang tidak menyukai angka, bisa saja menjadi rumit. Tapi, semakin rumit biasanya semakin menantang ya! Kuliah jurusan MIPA pada beberapa perguruan tinggi biasanya memiliki perkiraan biaya kuliah Fisika yang sama, berkisar antara Rp. 27,2 juta rupiah hingga lulus.

Hal-Hal yang Dipelajari Jurusan Fisika

Apabila kita runut secara terminologi, Fisika berasal dari kata physic yang berarti alam. Jadi, jangkauan yang akan kita pelajari pada jurusan ini tidak jauh dari gejala alam yang kemudian akan Kamu amati, analisis, ukur, dan penarikan kesimpulan. Gejala alam yang kemudian Kamu amati baik berupa bunyi, cahaya, panas, maupun hal lainnya yang dapat dihitung sesuai dengan kaidah ilmu Fisika.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Fisika Dan Gajinya

Ilmu Fisika yang akan Kamu pelajari selama di kampus dibagi lagi ke dalam beberapa golongan, mulai dari Fisika teori dan komputasi, geofisika, instrumentasi dan optoelektronika, biofisika, serta Fisika bahan. Golongan ini dibagi lagi ke dalam beberapa penjabaran, bahkan untuk sekarang ini memiliki cabang yang difungsikan langsung secara real dalam kehidupan sehari-hari.

Prospek Kerja Lulusan Fisika

Setelah lulus kuliah, jurusan Fisika memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kamu bisa memilih pekerjaan formal dan non-formal. Untuk pekerjaan formal Kamu bisa menjadi tenaga pendidik dan bisa menjadi bagian dari lembaga penelitian pemerintah dengan status PNS. Beberapa lembaga pemerintah itu seperti Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dan BUMN. Ada juga perusahaan swasta lainnya seperti PT. Telkom dan Siemens.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Fisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Untuk pekerjaan non-formal, Kamu bisa menjadi konsultan beberapa perusahaan yang mengolah sumber daya alam, menjadi konsultan teknologi, dan menjadi analis produk perusahaan yang menggunakan kaidah algoritma. Pekerjaan ini memang membutuhkan lulusan Fisika yang memiliki kemampuan memecahkan masalah yang tinggi dalam bidang teknologi dan transportasi, eksplorasi minyak dan bahan tambang, penelitian dasar, dll.

Rincian Biaya Kuliah Jurusan Fisika

Perihal perkiraan biaya kuliah Fisika untuk setiap perguruan tinggi berbeda-beda, sebagai contoh kita menghitung biaya kampus di Kota Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri biaya kuliah jurusan Fisika disamakan dengan Teknik Geodesi dan Teknik Geologi dengan rincian berikut: Rp. 500 ribu untuk biaya UKT I, kemudian UKT II Rp. 1 juta, UKT III, IV, V, VI, Rp. 3,5 juta, Rp. 5,6 juta, Rp. 7,6 juta, dan Rp. 10 juta.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1

Apabila dihitung total hingga lulus Kamu akan membayar sebesar Rp. 27,2 juta dengan pembayaran UKT IV. Untuk total UKT yang lainnya bisa Kamu hitung sendiri. Pada umumnya, biaya kuliah jurusan Fisika memang berada di atas Rp. 10 juta hingga lulus. Bisa dikatakan cukup murah untuk sekelas kampus high level dan ilmu eksak.